Senin 31 Mei 2021, 18:38 WIB

Ingat, Kartu ATM Mandiri Lama akan Diblokir Mulai 1 Juni

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ingat, Kartu ATM Mandiri Lama akan Diblokir Mulai 1 Juni

DOK MI
Bank Mandiri

 

NASABAH Bank Mandiri diminta untuk segera mengganti kartu ATM (debit) magnetic stripe menjadi kartu ATM chip. Pasalnya, masa berlaku kartu ATM magnetic stripe dengan expiry date 2023-2025 akan berakhir, Selasa (1/6).

Dengan kata lain kartu ATM Mandiri lama nasabah akan diblokir setelah 1 Juni. Nasabah pun bakal tidak bisa bertransaksi dengan kartu tersebut, termasuk mengakses pergantian password dalam layanan Mandiri Online atau mobile banking.

"Kartu debit magnetic stripe kamu akan segera enggak bisa dipakai. Yuk, buruan ganti ke kartu debit chip sebelum 1 Juni 2021. Supaya kartu kamu tidak dinonaktifkan," tulis pengumuman Bank Mandiri melalui akun Instagram-nya yang dikutip Senin (31/5).

Sebenarnya, langkah pergantian kartu ATM Mandiri sudah dilakukan sejak 1 April lalu dengan kartu ATM yang memiliki expiry date 2021-2022. Kemudian, pemblokiran kedua pada kartu ATM dengan expiry date 2023-2025 dengan batas penukaran kartu pada pada 1 Juni 2021. Tahap ketiga ialah kartu ATM dengan expiry date 2026-2030 yang akan diblokir pada 1 Juli 2021. 

Dikutip lamam resmi Bank Mandiri, semua pemilik kartu ATM Mandiri Debit Magnetic Stripe memang wajib mengganti dengan yang baru, kecuali kartu bansos dan kartu tani. Bank Mandiri menerbitkan kartu Mandiri Debit Chip, sesuai dengan ketentuan atau regulasi dari BI, yaitu Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Upaya pergantian kartu dalam rangka meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa. Kartu berbasis chip dianggap lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe karena mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.

"Bank Mandiri akan memberikan informasi mengenai penggantian kartu debit dan cleansing kartu melalui Whatsapp, SMS, dan e-mail blast kepada nomor telepon dan email yang terdaftar di Bank Mandiri," tulis Bank Mandiri.

Informasi mengenai penggantian kartu debit dan cleansing kartu debit juga akan disampaikan oleh perusahaan pelat merah itu melalui website Bank Mandiri, Facebook, Twitter, Instagram, LED, Koran, layar ATM, struk ATM dan lainnya. (OL-15)

Baca Juga

Dok REI

Perjuangan REI Kawal Properti saat Pandemi Berbuah Penghargaan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:45 WIB
Pemerintah juga telah merespons masukan dari REI dan menerbitkan sejumlah relaksasi bagi sektor...
Antara/Yulius Satria Wijaya

Gagasan Indonesia Jadi Pionir Pemulihan Penerbangan Global

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:23 WIB
Deklarasi tersebut merupakan hasil dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri anggota Organisasi Penerbangan Sipil Dunia/International Civil...
Dok.WOM Finance

Dorong Inklusi Keuangan, WOM Finance Gelar Edukasi Keuangan ke Berbagai Unsur Masyarakat 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:20 WIB
Untuk mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK), WOM Finance secara berkesinambungan terus menjalankan dan mengembangkan inklusi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya