Selasa 11 Mei 2021, 01:10 WIB

Kemenhub Wacanakan Vaksinasi bagi Pemudik Darat

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenhub Wacanakan Vaksinasi bagi Pemudik Darat

MI/ Andri Widyanto
Pemudik

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memberikan vaksin covid-19 gratis kepada masyarakat yang masih nekat mudik saat arus balik lebaran 2021. Hal ini guna menekan penularan penyakit menular itu.

Menurut catatan Kemenhub, sebanyak 22% atau sekitar 3,6 juta pemudik akan balik pada H+2 lebaran atau tepatnya pada 15 Mei. 


"Kami usulkan kemenkes ada vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat. Sedangkan, yang perjalanan udara kita usulkan tracing (covid-19) dengan waktu lebih dekat," ujar Budi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden seusai rapat terbatas (ratas), Senin (10/5).


Menhub juga menyampaikan, usulan testing covid-19 dilakukan masif di tempat yang konsentrasinya besar dalam pergerakan masyarakat, seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta bahkan di Pelabuhan Bakauheni, Sumatera.


Budi juga menjelaskan, secara umum kebijakan pelarangan peniadaaan mudik mendapat penerimaan cukup baik dari masyarakat. Disebutkan, pada masa pra larangan mudik (22 April-5 Mei) terjadi kenaikan jumlah penduduk yang keluar dari daerah asalnya sekitar 20%-30%


Hal ini dikatakan menyebabkan para pemudik memajukan mudiknya sebelum 6 Mei, sehingga setelah tanggal itu terjadi penurunan signifikan jika dibandingkan masa pra-larangan mudik.

Adapun, rincian jumlah rata-rata penumpang harian selama peniadaan mudik ialah angkutan jalan turun 83,4%, angkutan laut turun 33,9%, angkutan udara anjlok 93%, penyeberangan juga menyusut 65%, dan kereta api turun 56%.

"Tapi, arus ogistik turun sampai 3%. Artinya, rencana peniadaan mudik pada penumpang dan memberikan seluasnya pada logistik terjadi dengan baik," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok.PPI

Transformasi Bisnis Keharusan untuk Menjadi BUMN Perdagangan Terdepan

👤Heryadi 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:50 WIB
PPI siap bertransformasi untuk menjadi BUMN perdagagan terdepan, di antaranya dengan mengembangkan perdagangan ke tingkat...
Ist/Kementan

Mentan: Para Bupati Perbaiki Sistem Logistik Pangan dan Manfaatkan KUR

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:33 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo mendorong para Bupati untuk memperbaiki sistem logistik dan memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR)...
Ist/PT Pos Indonesia

Transaksi Akhir Pekan, Pos Indonesia Diskon Kiriman Kurir hingga 20%  

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:23 WIB
PT Pos Indonesia terus berupaya meningkatkan transaksi kiriman kurir dan logistik pada akhir pekan, dengan membuat berbagai program spesial...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya