Kamis 22 April 2021, 20:50 WIB

Waskita Jual Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Senilai Rp824 M

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Waskita Jual Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Senilai Rp824 M

MI/Rudi Kurniawansyah
Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

 

PT Waskita Karya (WSKT) melalui anak usahanya yaitu PT Waskita Toll Road (WTR) telah menandatangani kesepakatan jual beli 30% saham PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) dengan nilai transaksi sebesar Rp824 miliar kepada perusahaan Hongkong, Kings Ring Ltd.

JMKT merupakan badan usaha jalan tol pemegang konsesi ruas Medan –Kualanamu – Tebing Tinggi. Acara penandatanganan itu digelar pada Kamis (22/4) di Kantor BUMN, Jakarta.

President Director Waskita Destiawan Soewardjono menjelaskan bahwa transaksi divestasi ini merupakan langkah awal dari program divestasi 9 ruas tol yang direncanakan oleh pihaknya tahun ini.

“Beberapa ruas lain masih dalam proses negosiasi dan dalam tahap studi oleh investor,” kata Destiawan dalam keterangannya, Kamis (22/4)

Pihaknya menjelaskan, Kings Ring Ltd. merupakan bagian dari grup usaha Road King Expressway (RKE). Grup tersebut merupakan salah satu investor jalan tol dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di kawasan Asia Timur.

Selain dihadiri oleh pihak Waskita dan RKE, penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Wakil Menteri 2 Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Destiawan menerangkan, ini bukan kali pertama Waskita menjalin kerjasama dengan RKE. Pada tahun 2019, Waskita melepas 40% saham pada ruas Solo – Ngawi dan ruas Ngawi – Kertosono kepada Kings Key Ltd, salah satu anak usaha RKE.

Sebagai informasi, JMKT didirikan pada tahun 2014 dan berhasil memenangkan lelang pengusahaan jalan tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi yang ditetapkan pada 4 September 2014. Ruas sepanjang 61,7 km tersebut mulai beroperasi sejak tahun 2016, sementara nilai investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan mencapai Rp4,9 triliun. (Ins/OL-09)

Baca Juga

AntaraMakna Zaezar

Menhub: Industri Penerbangan akan Pulih Maksimal 2023

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:53 WIB
Optimisme tersebut sedianya bertentangan dengan prediksi International Civil Aviation Organization yang menyebut sektor aviasi Indonesia...
Dok. API

IIGCE 2022 Akan Dorong Pemanfaatan Panas Bumi Sebagai Alternatif Energi Terbarukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:25 WIB
Salah satu energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan di Indonesia ialah panas bumi, baik sebagai base load sustainable yang bisa berproduksi...
Dok. kemenkominfo

Bahas Rancangan Paket Bali, Menkominfo Harapkan Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:58 WIB
Johnny berharap pembahasan Rancangan Deklarasi Menteri Digital atau Paket Bali menjadi salah satu tonggak dan hasil nyata dalam pemulihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya