Selasa 13 April 2021, 16:54 WIB

PLN Pulihkan 92% Kelistrikan di Adonara

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PLN Pulihkan 92% Kelistrikan di Adonara

Antara
Banjir di Adonara

 

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) mengaku berhasil memulihkan 92% kelistrikan di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan wilayah paling terdampak Badai Siklon Seroja pada Senin (5/4).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko mengungkapkan, saat ini sebanyak 116 dari 125 gardu distribusi berhasil dipulihkan dan 24.352 dari 26.274 masyarakat yang dapat menikmati listrik kembali.

Dia menyatakan, untuk memperbaiki listrik di Adonara, petugas PLN harus menembus akses yang sebelumnya tertutup longsor di Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado, Adonara.

"Tim PLN harus melewati akses jalan yang ekstrem dan rusak berupa tanah berlumpur serta rawan longsor akibat banjir bandang dan tanah longsor. Sebanyak 71 Personil telah melakukan pemulihan," jelas Jatmiko dalam keterangannya, Selasa (13/4).

Dirinya melanjutkan, dari 105 Desa di Pulau Adonara yang terdampak, 98 Desa  telah dipulihkan dan listriknya sudah kembali menyala.

Doddy menceritakan, untuk memulihkan kelistrikan di Desa Oyang Barang Kecamatan Wotan Ulumado PLN, petugas harus mengangkut material kelistrikan menggunakan motor trail dan mobil berpenggerak 4 roda yang ditempuh dengan memutari pulau adonara selama kurang lebih 2 jam.

"Di beberapa titik pun material harus dipanggul atau diangkat secara manual oleh petugas," kata Jatmiko.

Saat ini, pihaknya terus berupaya memulihkan jaringan kelistrikan yang terdampak badai siklon seroja di NTT.

Tercatat hingga Selasa (13/4) pukul 12.00 Wita di seluruh NTT, PLN telah berhasil memulihkan 2.006 gardu yang terdampak, sehingga sebanyak 333.692 pelanggan dapat menikmati listrik kembali. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

Saham SRIL dan Tridomain masih Dibekukan sampai Masalah Gagal Bayar Selesai

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 20 Juni 2021, 15:31 WIB
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menghentikan sementara seluruh efek SRIL dan TDPM, masing-masing sejak 18 Mei 2021 dan 27 April...
Antara

BSI Pimpin Pembiayaan Sindikasi Syariah Senilai Rp1,8 Triliun

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 20 Juni 2021, 15:19 WIB
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berpartisipasi dalam Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Serang-Panimbang...
ist/Kementan

25 Tahun Jejaki Dunia Birokrasi, Ini Pesan Mentan Syahrul untuk Para Bupati

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:39 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menceritakan pengalaman pribadinya selama menjejaki dunia birokrasi lebih dari 25...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya