Rabu 03 Februari 2021, 13:13 WIB

Tersedia Token Listrik Gratis, ini Cara Klaimnya

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tersedia Token Listrik Gratis, ini Cara Klaimnya

Antara
Token listrik gratis

 

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) memastikan penyaluran stimulus berupa token listrik gratis periode Februari 2021 sudah bisa diakses masyarakat.

Program bantuan itu ditujukan untuk 32 juta pelanggan rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi serta 459.000 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA berjalan lancar.

“Kami sudah siap untuk menyalurkannya untuk (program) Februari. Kami menyadari stimulus listrik ini membantu meringankan beban kelompok masyarakat yang tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ungkap Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangan resmi, Rabu (3/2).

Agung menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin memperoleh diskon token listrik stimulus Covid-19, khusus daya 450 VA cara paling mudah dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang terdapat di Playstore atau Appstore.

Setelah selesai mengunduh, pelanggan dapat masuk ke aplikasi PLN Mobile dengan cara, yang pertama membuka aplikasi PLN Mobile. Lalu, Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.

Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter, tulisan token gratis akan muncul. Langkah terakhur, pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN, ungkap Agung, juga tetap menyediakan akses melalui website https://stimulus.pln.co.id/ atau melalui layanan WhatsApp melalui nomor 08122-123-123.

Baca juga : Investor Ritel Mundur Dari Perak, Harga Emas Anjlok

“PLN menambah saluran melalui Aplikasi PLN Mobile untuk lebih mempermudah, karena tinggal buka aplikasi di HP, masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, sudah dapat nomor tokennya,” jelas Agung.

Sementara untuk pelanggan penerima stimulus token RT 900 VA, tidak perlu melihat PLN Mobile,WA atau Website karena token diskon 50 % langsung didapat atau diperoleh saat pelanggan membeli token.

Berdasarkan keputusan pemerintah, perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi dalam ketentuan berikut:

1. Diskon listrik 100% diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token diskon 100 % yang besarannya sama seperti sebelumnya.

2. Diskon 50% diberikan kepada golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Kemudian bagi pelanggan prabayar diskon 50 % langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Stimulus yang diberikan pada periode Januari – Maret 2021 dikatakan maksimal setara dengan 720 jam nyala. Pemakaian di atas itu akan dikenakan tarif normal subsidi. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Noor Alam.

Travel Bubble antara Kepri-Singapura bakal Dibuka Mei

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 20:39 WIB
Kemenparekraf mendorong penerapan sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, environment/CHSE), baik pada usaha pariwisata, produk,...
Antara/Nova Wahyudi

Di Hannover Messe, Pertamina Pertegas Dukungan Transisi Energi  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 20:37 WIB
Pertamina memastikan langkahnya untuk mendukung pembangunan hijau dan...
Dok. Lanxess

Lanxess Hadirkan Inovasi Material Plastik Khusus di Chinaplas 2021

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 20:34 WIB
Lanxess mengklaim, material berkinerja tinggi yang diproduksinya itu dapat memenuhi persyaratan sejumlah industri, termasuk yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya