Rabu 02 Desember 2020, 14:55 WIB

Rekor, Harga Bitcoin Melesat ke Rp281 Juta

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Rekor, Harga Bitcoin Melesat ke Rp281 Juta

AFP/Ozan Kose
.

 

BITCOIN baru saja mencapai tonggak sejarah dalam menjalankan tahun ini yang mengesankan. Harga cryptocurrency itu melonjak 9% ke level tertinggi baru sepanjang masa menjadi US$19.860 atau sekitar Rp281 juta pada Senin (30/11). Angka itu melampaui puncak sebelumnya yakni US$19.783 pada Desember 2017.

Dilansir CNN, harga bitcoin telah melonjak lebih dari 175% sejak akhir 2019. Harga tersebut pernah terjatuh di bawah US$4.000 pada Maret karena pasar di seluruh dunia anjlok disebabkan dampak covid-19.

Raksasa pembayaran Square (SQ) dan PayPal (PYPL) saat ini memungkinkan pelanggan mereka untuk membeli dan menjual bitcoin. Raksasa manajemen uang Fidelity meluncurkan dana bitcoin untuk investor kaya. Kontrak berjangka bitcoin bahkan diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange.

Manajer investasi terkemuka Paul Tudor Jones, Stanley Druckenmiller, dan Mike Novogratz optimistis pada keberadaan bitcoin. Dengan kata lain, bitcoin yang selama ini dianggap hanya sebagai investasi pinggiran telah berakhir. Cryptocurrency dianggap telah menjadi sah.

"Reli ini didorong oleh uang 'cerdas' dan institusional serta tidak dibangun hanya di atas spekulasi berlebihan oleh para ritel. Begitu banyak individu dan manajer aset yang sekarang membeli," kata Guy Hirsch, direktur pelaksana untuk AS di eToro, perusahaan pialang dan perdagangan, Rabu (2/12).

Jumlah bitcoin yang saat ini beredar sekarang bernilai lebih dari US$365 miliar. Bitcoin juga mendapat dorongan baru-baru ini setelah ahli strategi top di BlackRock (BLK), perusahaan manajemen aset terbesar di dunia. Perusahaan itu menyarankan bahwa bitcoin suatu hari nanti dapat menggantikan emas sebagai mata uang safe-haven pilihan.

Kenaikan epik dalam bitcoin juga telah memicu lonjakan yang lebih dramatis dalam cryptocurrency yang lebih kecil seperti ethereum, XRP, litecoin, dan Stellar akhir-akhir ini.

"Bitcoin mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa, kemungkinan akan memacu gelombang pasang investasi ritel yang mendorong bitcoin jauh lebih tinggi dalam waktu singkat," kata Denis Vinokourov, kepala penelitian di broker utama aset digital Bequant. (OL-14)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Ada Penambahan 3,5 Juta Pelanggan, Penjualan Listrik PLN Melambung 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:19 WIB
Perusahaan setrum negara itu mencatat kenaikan penjualan listrik 257.634 Giga Watt hour (GWh) sepanjang tahun lalu, atau naik 5,77%...
Dok.Kementan

Hadapi Era 4.0, Penyuluh Pertanian Wajib Lakukan Transformasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:10 WIB
Penyuluh harus menguasai akses komunikasi digital dan mengembangkannya kepada petani secara verbal serta...
DOK Pribadi.

Transaksi di Official Store Tumbuh Hampir 90%

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 19:03 WIB
Kali ini penghargaan diberikan kepada 500 official store atau official shop terbaik dari hasil seleksi lebih dari 5.000 official store di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya