Senin 30 November 2020, 10:30 WIB

Lewotolo Semburkan Abu, Wings Air Batalkan Penerbangan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Lewotolo Semburkan Abu, Wings Air Batalkan Penerbangan

ANTARA/Aditya Pradana Putra
LAYANAN TRANSPORTASI UDARA: Petugas menyemprotkan cairan disinfektan pada penumpang pesawat komersial Wings Air.

 

WINGS Air (kode penerbangan IW), maskapai di bawah naungan Lion Air Group, membatalkan dua penerbangan akibat erupsi dan aktivitas Gunung Lewotolo di Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

"Sehubungan kondisi tersebut, dalam memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), layanan penerbangan perdana Wings Air yang dijadwalkan pada 30 November 2020 mengalami pembatalan (cancel flight) di dua penerbangan," jelas Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang M Prihantoro, Senin (30/11).

Ia menambahkan, berdasarkan pengumuman resmi dari otoritas setempat, Bandar Udara Wonopito, Lewoleba di Pulau Lembata (LWE), ditutup pada 29 November 2020 dari pukul 12.58 WITA hingga 16.00 WITA (sesuai operasional bandar udara).

Penutupan bandar udara itu untuk merespons erupsi dan naiknya aktivitas gunung yang disebut masyarakat setempat Ile Lewotolok tersebut. Dikhawatirkan material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak pesawat udara sehingga membahayakan penerbangan.

Dua penerbangan yang dibatalkan ialah Penerbangan nomor IW-1994 rute Kupang–Lewoleba dan Penerbangan nomor IW-1995 Lewoleba–Kupang.

Danang menjelaskan, kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus itu termasuk force majeure, yakni keadaan yang terjadi di luar kemampuan manusia dan perusahaan.

"Wings Air telah memberikan informasi kepada seluruh pelanggan (penumpang) yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan," kata Danang.

Atas pembatalan penerbangan tersebut, Wings Air menjadwal ulang keberangkatan di hari berikutnya atau reschedule dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku. (E-2)

Baca Juga

Antara/Umarul Farug

Diwarnai Perlawanan, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 19:15 WIB
Mereka melempari kapal BC 10009, BC 15040, BC 15041, dan HSC yang dikuasai Bea Cukai dengan bom molotov, mercon, serta kembang...
Dok. Bank Mandiri

Peduli Bencana Alam, Bank Mandiri Salurkan Bantuan Darurat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 18:34 WIB
Pengiriman bantuan tanggap darurat Mandiri Peduli Bencana tersebut dilakukan oleh karyawan dan sukarelawan melalui jalan darat dari lokasi...
Ist/Kementan

Pacu Ketahanan Pangan, Kementan Perkuat Lumbung Pangan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:59 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) kian memperkuat peran lumbung pangan masyarakat desa yang dinilai saat ini menjadi sangat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya