Kamis 13 Agustus 2020, 20:23 WIB

Sambut Libur Panjang Pekan Depan, KAI Tambah Perjalanan KA

Putri Anisa Yuliani | Ekonomi
Sambut Libur Panjang Pekan Depan, KAI Tambah Perjalanan KA

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Penumpang mengenakan masker saat bepergian dengan kereta api jarak jauh

 

MENYAMBUT libur Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dan libur Tahun Baru Islam pada 20 Agustus, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan KA Jarak Jauh serta memperpanjang rangkaian kereta pada beberapa perjalanan KA.

"Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan ini," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Kamis (13/8).

Pada Agustus 2020, KAI rata-rata mengoperasikan 53 KA Jarak Jauh per hari. Jumlah tersebut meningkat 55% dibanding Juli 2020 yaitu rata-rata mengoperasikan 34 KA Jarak Jauh per hari.

KAI mengoperasikan kembali Kereta Api Jarak Jauh dari dan menuju kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Madiun, Blitar, Surabaya, Malang, Jember, hingga Ketapang.

KA yang dioperasikan diantaranya Argo Wilis (Gambir-Surabaya Gubeng pp), Malabar (Pasar Senen-Malang pp), Brantas (Pasar Senen-Blitar pp), Progo (Pasar Senen-Lempuyangan pp), Senja Utama Yogyakarta (Pasar Senen-Yogyakarta pp), Lodaya (Bandung-Solo Balapan pp), Ciremai (Bandung-Semarang Tawang pp), Purwojaya (Gambir-Cilacap pp), Mutiara Timur (Surabaya Gubeng-Ketapang pp), dan berbagai KA lainnya

"KAI juga menambah KA yang berjalan setiap hari, di mana sebelumnya KAI menjalankan KA tertentu hanya pada akhir pekan dan tanggal tertentu dengan melihat minat dari masyarakat," papar Joni.

Baca juga : Jumlah Penumpang Terus Meningkat, KAI Kampanyekan 3M

KA yang dijalankan kembali setiap hari yaitu KA Argo Wilis mulai 15 Agustus, KA Progo mulai 17 Agustus, Malabar mulai 17 Agustus, KA Matarmaja (Pasar Senen-Malang pp) mulai 18 Agustus dan Bima (Gambir-Malang pp) mulai 18 Agustus, KA Ciremai mulai 19 Agsutus, Argo Muria (Gambir-Semarang Tawang) mulai 19 Agustus, Argo Sindoro (Semarang Tawang-Gambir) mulai 19 Agsutus.

Masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access untuk melihat info detail seluruh KA yang dioperasikan pada Agustus 2020 ini. Tiket dapat dipesan secara daring melalui aplikasi KAI Access dan kanal daringlainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Sampai dengan saat ini sudah terdapat KA-KA yang okupansinya cukup tinggi pada perjalanan akhir pekan ini, terutama KA-KA menuju Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Maka dari itu, untuk melayani lebih banyak masyarakat, KAI memperpanjang jumlah rangkaian pada rute dan tanggal yang menjadi favorit masyarakat.

Misalnya KA Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi) menambah 9 Kereta Ekonomi pada perjalanan 13 dan 15 Agustus, sehingga totalnya membawa 14 Kereta Ekonomi; KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp) menambah 4 Kereta Eksekutif pada perjalanan 13 - 17 Agustus, sehingga totalnya menjadi membawa 8 Kereta Eksekutif; dan Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp) menambah 3 Kereta Eksekutif pada perjalanan 14 dan 17 Agustus, sehingga totalnya menjadi membawa 8 Kereta Eksekutif.

“KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam rangka menyambut libur Hari Kemerdekaan Indonesia dan libur Tahun Baru Islam. Semoga masyarakat dapat menikmati pelayanan yang diberikan KAI dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan,” tutup Joni.(OL-7)

Baca Juga

Dok.PGE

RI Berpotensi Jadi Pusat Industri Panas Bumi Skala Global, Butuh Usaha Bersama

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:56 WIB
Perlu ada akselerasi ekstra dari  dari pemerintah selaku regulator, tidak hanya mengandalkan pelaku...
MI/Ardi.

Penghargaan IRRI sebagai Penyemangat Pertanian Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 09:47 WIB
Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) menilai penghargaan yang diberikan International Rice Research Institute (IRRI)...
Ist

Rekind Telah Mencapai Milestone Gas-In di Proyek JTB

👤mediaindoenesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 08:55 WIB
Rekind, anak perusahaan Pupuk Indonesia Holding Company, mendapatkan sertifkat RHIC (Ready for Hydrocarbon In...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya