Selasa 14 April 2020, 07:34 WIB

ADB Gandeng UNICEF Bantu Anak-Anak Indonesia Hadapi Covid-19

Dwi Tupani | Ekonomi
ADB Gandeng UNICEF Bantu Anak-Anak Indonesia Hadapi Covid-19

ANTARA/Mohamad Hamzah
Anak-anak membaca poster berisi pengenalan Covid-19 di dinding hunian sementara warga korban Gempa dan Tsunami, Palu, Sulteng, Senin (6/4).

 

ASIAN Development Bank (ADB) dan United Nations Children's Fund (UNICEF) bertekad mendukung pembangunan inklusif dan mendukung kesejahteraan anak dan kaum muda di Indonesia, termasuk dalam perang melawan pandemi penyakit virus korona baru (Covid-19).

Kerja sama kedua lembaga tersebut tertuang  dalam sebuah nota kesepahaman (MoU) yang baru ditandatangani, seperti dilansir keterangan resmi, Selasa (14/4).

MoU tersebut ditandatangani oleh Debora Comini, Perwakilan UNICEF Indonesia, dan Winfried Wicklein, Direktur ADB untuk Indonesia. Inilah kesepakatan formal pertama di antara kedua lembaga tersebut di tingkat negara, setelah bekerja sama pada tingkat dunia selama bertahun-tahun.

"ADB bersyukur dapat bekerja sama dengan mitra yang begitu kuat dan berkomitmen seperti UNICEF di Indonesia, khususnya di tengah situasi yang sangat tidak biasa seperti saat ini, ketika pandemi COVID-19 telah berdampak buruk pada kesehatan dan penghidupan masyarakat," kata Direktur ADB Indonesia, Winfried Wicklein. 

"Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk bersama-sama membantu pemerintah mengatasi dampak pandemi di Indonesia sesegera mungkin, dan mendukung prioritas pembangunan pemerintah dalam jangka menengah dan panjang."

Sementara Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini menyatakan kesepakatan ini memformalkan kerja sama kuat yang sudah terjalin di Indonesia antara ADB dan UNICEF.

"Kami sama-sama berkomitmen untuk menggunakan seluruh keahlian, pengetahuan, dan jaringan kami guna membantu anak-anak dan remaja mencapai potensi terbaik mereka," tambahnya.

Baca juga: Bantu Indonesia Lawan Covid-19, ADB Siap Kucurkan US$ 3 Juta

Melalui kemitraan tersebut, ADB dan UNICEF akan bekerja sama guna meningkatkan berbagai programnya bagi anak-anak, remaja, perempuan, dan kelompok masyarakat tertinggal lainnya di Indonesia. Program yang dijalankan utamanya pada bidang-bidang seperti kesehatan, air, sanitasi dan kebersihan, pendidikan, nutrisi, perlindungan sosial, serta perubahan iklim dan ketahanan bencana.

Kemitraan ini juga akan mendukung tanggap darurat Indonesia terhadap pandemi covid-19, termasuk penyediaan peralatan medis yang sangat penting, seperti alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. 

Bantuan yang berkaitan dengan Covid-19 akan dibiayai melalui hibah dari Asia Pacific Disaster Response Fund ADB senilai US$3 juta, yang disetujui oleh ADB pada 20 Mare lalu, dengan UNICEF sebagai salah satu mitra pelaksana utama.

ADB berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem. Didirikan pada 1966, ADB dimiliki oleh 68 anggota-49 di antaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik.

UNICEF mendukung hak dan kesejahteraan setiap anak dalam segala langkahnya. Bersama para mitranya, UNICEF beroperasi di 190 negara dan wilayah guna mewujudkan komitmennya menjadi tindakan nyata, dengan upaya khusus yang difokuskan untuk membantu anak-anak yang paling rentan dan terpinggirkan, memberikan yang terbaik bagi semua anak, di seluruh dunia. (RO/A-2)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Pandemi Hadirkan Peluang Indonesia untuk Memperkuat Regulasi Sektor Ekonomi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:39 WIB
"Kami, di Kementerian Investasi, menganggap pandemi ini sebagai peluang di tengah tantangan. Kenapa saya katakan sebagai peluang, yang...
Dok. pribadi

Golden Property Awards 2021 Jadi Bukti Ketangguhan Pelaku Industri Properti di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:08 WIB
Golden Property Awards (GPA) hadir sebagai sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan secara independen, dengan metode penilaian...
Dok. Rumah.com

Sektor Properti Mulai Rebound dan Harga Rumah Merangkak Naik, Lippo Konsisten Sasar Milenial 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:00 WIB
Data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Kuartal II/2021 mencatat pertumbuhan sektor properti mencapai 2,82%. Sektor ini berkontribusi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya