Kamis 01 Agustus 2019, 19:15 WIB

Pertamina: Dampak Tumpahan Minyak Berkurang 10 Persen

Atalya Puspa | Ekonomi
Pertamina: Dampak Tumpahan Minyak Berkurang 10 Persen

MI/Rommy Pujianto
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

 

DIREKTUR Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut dampak tumpahan minyak yang terjadi di Blok Offshore North West Java (ONWJ) Laut Karawang, Jawa Barat, mulai berkurang 10%. Sebelumnya, tumpahan tersebut bisa mencapai tiga ribu barel per hari.

Pihaknya akan berkomitmen untuk menangani dampak dari tumpahan minyak tersebut secara maksimal. Nicke menuturkan upaya yang tengah dilakukan yakni memasang oil boom dan giant octopus skimmer di sejumlah titik serta storage oily waste di lepas pantai. Selain itu, pihaknya juga memutuskan untuk mematikan sumur secara permanen.

"Kami berkomitmen melakukan penanganan sebaik-baiknya atas kejadian di YYA-1. Dari tanggal 12 Juli sampai sekarang upaya ini terus kami tingkatkan," kata Nicke di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Baca juga: 45 Kilometer Persegi Lautan Terdampak Tumpahan Minyak Pertamina

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu menambahkan pihaknya memasang tujuh lapis proteksi yang telah dikembangkan di area terdampak, mulai dari area anjungan hingga di daratan Karawang dan Tanjung Bekasi.

"Maksimum effort telah dilakukan dan akan terus ditingkatkan. Untuk meminimalisir agar oil spill tidak menyebar jauh. Diharapkan memberikan dampak yang lebih kecil dibanding dia mencapai ke darat," jelasnya.

Adapun, tumpahan minyak yang sudah terkumpul akan dibawa ke pabrik pengolahan limbah milik PT Pertamina Patra Niaga di Karawang.

"Sudah ada yang kami angkut untuk dikelola," tambah Nicke.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi pada Desember 2021 Meningkat 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:26 WIB
Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi Desember 2021 sebesar 17,4% lebih tinggi dari SBT 14,8% pada...
Ist/Bank Indonesia

Kebutuhan Pembiayaan Rumah Tangga Masih Lesu

👤 Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:19 WIB
Hasil survei permintaan pembiayaan Bank Indonesia pada Desember 2021 mengindikasikan penambahan pembiayaan melalui utang atau kredit oleh...
Dok DHM

Dilengkap Alat Salat, Hotel Dafam Hadir di Kawasan Thamrin Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:17 WIB
Pada awal 2022 ini Dafam Hotel Management (DHM) memperkuat kehadirannya di dunia bisnis perhotelan dengan melakukan soft opening Hotel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya