Rabu 24 Juli 2019, 23:29 WIB

Gaikindo Usul ke Menkeu agar SPLU Dibangun Swasta

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Gaikindo Usul ke Menkeu agar SPLU Dibangun Swasta

Antara/Muhammad Iqbal
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menjadi pembicara di ajang GIIAS 2019

 

PEMERINTAH berjanji akan memberikan insentif untuk membangun infrastruktur stasiun pengisian listrik umum (SPLU). Menteri keuangan Sri Mulyani menggambarkan ke depan SPLU ini akan seperti stasiun-stasiun SPBU yang telah ada.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan untuk mempercepat adanya SPLU, infrastruktur dan lainnya, dia telah mengusulkan ke Menkeu agar SPLU diserahkan kepada swasta, seperti pemilik mall, hotel,gedung perkantoran.

Pemerintah bisa meminta 1% dari total parkiran yang mereka miliki di tiap gedung untuk digunakan memasang alat SPLU.

"Pemerintah tinggal bebaskan bea masuk charging stationnya. Harganya per unit sekitar Rp 20 juta. Yang investasi alat tersebut swasta pemilik gedung. Listrik tetap dijual , pembayaran pakai apapun," katanya di Tangerang, Banten, Rabu (24/7).

Baca juga : Perpres Mobil Listrik Beri Banyak Insentif ke Industri

Keuntungan bisa bagi pemilik gedung untuk sarana promosi mall, hotel, dan kantor. Jadi tidak perlu menunggu pemerintah, sehingga bisa mendorong inisiatif swasta.

"Jadi pemerintah tidak perlu dibebankan urusan charging station. SPBU kalau lahan ada 1.000 meter juga bisa pasang 1 untuk charging listrik," tukas Jongkie.

Sampai saat ini memang mobil listrik masih merupakan impor (CBU) sebab Indonesia belum memiliki bahan baku baterainya. Namun Jongkie melihat ini sebagai upaya pancingan dari agen pemilik merek ( PM) pengimpor.

Bila nanti mereka sudah melihat adanya permintaan yang naik, tentu produsen akan ada yang berminat memproduksi kendaraan listrik.

"Ini bentuk tes pasar supaya si pabrik melihat mana kendaraan yang laku. Tahap pertama impor CBU dahulu tidak apa. Ini sementara. Begitu diproduksi dalam negeri harga bisa lebih kompetitif dan dijual massal," jelas Jongkie. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Hingga Agustus 2022, Pendanaan Macet Fintech Capai 2,89%

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:35 WIB
Namun, OJK menyatakan bahwa angka tersebut masih dalam batas yang terkendali di tengah ketidakpastian global. Fintech P2P lending juga...
ANTARA

Presiden: Perusahaan Besar Harus Beri Pendampingan kepada UMKM

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:30 WIB
Jokowi pun meminta korporasi-korporasi tersebut bermitra dengan para pelaku usaha lokal, terutama yang berada di kawasan...
Ist

Bank Mandiri Taspen Serakan Hadiah Kepada Nasabah SMARD

👤Widhoroso 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:11 WIB
BANK Mandiri Taspen menyerahkan hadiah tanpa diundi melalui produk SMARD kepada salah satu nasabahnya yakni PT Mora Telekomunikasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya