Rabu 06 Maret 2019, 12:15 WIB

IA-CEPA akan Beri Keuntungan bagi Industri Peternakan Sapi Lokal

Andhika Prasetyo | Ekonomi
IA-CEPA akan Beri Keuntungan bagi Industri Peternakan Sapi Lokal

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Pengolahan Makanan dan Peternakan, Juan Permata Adoe (kiri) -- ANTARA FOTO/HO/Bayu

 

KERJA sama antara Indonesia dan Australia yang dituangkan dalam Indonesia-Australia Comprehensive Economic Agreement (IA-CEPA) diproyeksikan akan menumbuhkan produktivitas dan daya saing untuk produk turunan dari sektor peternakan sapi.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Industri Pangan Strategis Juan Permata Adoe mengungkapkan, dengan masuknya sapi bakalan dengan bea 0%, pelaku usaha akan mendapat keringanan daya beli. Hal itu akan berimbas pada menurunnya harga produksi penggemukan sapi.

Menurutnya, biaya penggemukan yang lebih murah membuat pelaku usaha bisa melakukan efisiensi. Pada akhirnya, harga jual dari sapi-sapi itu, mulai dari daging hingga tulang, menjadi lebih murah.

Itu tentu akan memberi keuntungan bagi industri olahan makanan-minuman karena mereka bisa mendapatkan sumber bahan baku dengan biaya yang lebih rendah.

Baca juga: DPR Optimistis Ratifikasi IA-CEPA Selesai Cepat

Dengan demikian, produk-produk yang dihasilkan bisa lebih murah sehingga diharapkan mampu bersaing dengan komoditas internasional.

"Kita impor live stock, sementara kita jual lagi dalam bentuk jadi, produk olahan yang sudah memiliki banyak nilai tambah. Karena biaya produksi yang murah, harga jual juga murah. Produk itu bisa bersaing di luar negeri, kita bisa ekspor ke banyak negara. Itu keuntungan yang bisa kita ambil," jelas Juan kepada Media Indonesia, Rabu (6/3).

Jadi, menurutnya, kebijakan bea masuk 0% untuk impor sapi akan memberi lebih banyak dampak positif bagi industri peternakan nasional.

"Kita harus melihat dari sisi daya saing. Kita diuntungkan karena bisa mendatangkan sumber sapi bakalan lebih murah," tandasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Pos Indonesia Buka 7.700 PosAja Drop Point di Seluruh Indonesia

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:25 WIB
Pembukaan PosAja Drop Point di Surabaya, juga menandai dibukanya layanan PosAja Drop Point secara serentak di...
Antara

PLN Hadirkan Listrik Premium di Kawasan El Tari Ende NTT di Hari Kemerdekaan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:32 WIB
Saat ini total daya mampu di sistem Flores mencapai 93,3 Megawatt (MW), dengan beban puncak tertinggi mencapai 77,25...
Dok MI

Transformasi Bisnis Perkuat PLN Hadapi Tantangan Global

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:01 WIB
Erick mengatakan PLN mampu mengurangi utang, bahkan saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya