Selasa 26 Februari 2019, 12:51 WIB

Pemerintah Kaji Peminjaman Dana AntarBLU

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Kaji Peminjaman Dana AntarBLU

ANTARA

 

PEMERINTAH tengah mengkaji sistem peminjaman dana antar-Badan Layanan Umum (BLU). Wacana rersebut dimunculkan guna membantu menopang kinerja BLU yang memiliki risiko likuiditas tinggi sehingga kerap mengalami kesulitan dalam menjalankan kegiatan operasional.

"Ada beberapa BLU kesehatan yang kurang dari sisi likuiditas. Mereka diupayakan bisa pinjam ke BLU lain. Ditjen Perbendaharaan sedang mengkaji hal ini. Kita tetap harus lihat risikonya," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Koordinasi Nasional BLU 2019 di Jakarta, Selasa (26/2).

Seluruh pihak terkait tengah berusaha menciptakan landasan hukum yang tepat serta menyusun mitigasi guna meminimalisir risiko yang timbul di BLU yang berlaku sebagai penyedia dana.

Baca juga: Komisi XI akan Panggil Menkeu Selidiki Penghentian Beasiswa Top Up LPDP

Di samping mengupayakan sinergi dari sisi anggaran, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga mendorong BLU mengoptimalkan penggunaan aset negara secara produktif.

"Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bisa menyewa gedung milik Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Transaksi seperti itu harus dilakukan agar aset negara lebih produktif," tuturnya.

Kendati demikian, ia menekankan berbagai upaya itu tidak dimaksudkan agar BLU bisa meraih pendapatan atau keuntungan besar. Pada dasarnya, BLU diciptakan untuk melayani masyarakat, bukan berorientasi pada bisnis.(OL-5)

Baca Juga

DOK/CITI INDONESIA

Citi Indonesia Latih 300 Wirausahawan Pemula dari Tiga Kota

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:15 WIB
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan...
DOK Pribadi.

Mau Buka Bisnis Minuman Kekinian? Begini Caranya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:50 WIB
Berdasarkan tingginya minat konsumen terhadap banyaknya minuman kekinian yang tersebar di pasaran saat ini, bisnis ini pun menjadi salah...
Antara

ESDM: 71 Perusahaan belum Penuhi Kewajiban DMO ke PLN

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:44 WIB
Pemerintah akan segera memblokir fitur ekspor dalam aplikasi MOMS, bagi perusahaan pertambangan batu bara yang tidak memberikan penjelasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya