Jumat 26 Oktober 2018, 11:10 WIB

Gratika Gandeng Telkomsel Rilis Aplikasi Kipin Mobile

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Gratika Gandeng Telkomsel Rilis Aplikasi Kipin Mobile

Ist

 

PERKEMBANGAN dunia digital di Indonesia mendorong peralihan sistem belajar konvensional ke digital (digital learning). Hal itu terjadi karena digital learning dianggap lebih mudah, praktis dan terjangkau dari segi biaya.

Tren digital learning itu pun menginspirasi PT Graha Informatika Nusantara (Gratika) bersama Pendidikan.id untuk meluncurkan aplikasi Kios Pintar (Kipin) Mobile, aplikasi konten pendidikan yang membantu proses belajar mengajar siswa dan guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Untuk mempercepat penetrasi Kipin Mobile di masayarakat, PT Gratika menggandeng Telkomsel yang dituangkan dalam nota kesepahaman di Kantor Pusat PT Gratika, Jakarta, Jumat (26/10). Keduanya menciptakan Join Promo Program untuk segmen muda dan komunitas pendidikan dengan layanan digital.

Direktur Utama PT Gratika, Mulyanta, mengungkapkan langkah tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mencerdaskan seluruh anak bangsa di Indonesia.

"Seluruh anak di Indonesia harus mendapatkan akses yang sama di sektor pendidikan. Namun, sayangnya, di wilayah terpencil, terluar dan tertinggal, tenaga guru masih sangat minim sehingga akses ke pendidikan menjadi terpotong," ucapnya.

Maka dari itu, lanjut Mulyanta, pihaknya merangkul Telkomsel selaku perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar untuk membantu menyediakan aplikasi ke seluruh daerah.

"Dengan jangkauan Telkomsel yang sangat luas bahkan sampai ke pelosok dan daerah terluar, kami yakin Kipin Mobile dapat dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia," terangnya.

Kipin Mobile memiliki konten ribuan buku pelajaran sekolah sesuai kurikulum nasional yang juga disertai video belajar mengajar dan latihan soal tryout untuk menstimulasi penyerapan materi secara maksimal

"Aplikasi ini akan membuat siswa lebih mudah belajar tanpa harus membawa banyak buku. Dengan cara ini juga kami sekaligus menyosialisasikan penggunaan gadget secara cerdas kepada para pelajar," tuturnya.

Kipin Mobile juga menyediakan komik literasi untuk membuat proses belajar lebih mengasyikkan.

Aplikasi Kipin Mobile dapat diunduh di tiga platform yaikni IOS, Android dan Windows 10 melalui smartphone, tablet maupun personal komputer.

Beberapa konten pendidikan dapat diunduh secara gratis seperti 2.700 buku pelajaran kurikulum nasional. Untuk video pengajaran, soal-soal tryout dan komik literasi dapat diakses dengan berlangganan. 

Dengan adanya kerja sama Join Promo Program Kipin Mobile dengan Telkomsel, tentu pelanggan Telkomsel akan mendapatkan harga khusus biaya berlangganan menjadi Rp20.000 per bulan dari harga normal Rp50.000 per bulan.

Dalam tahap awal, aplikasi tersebut telah diunduh sekitar 10 ribu orang. Mulyanta menargetkan, dalam satu tahun ke depan, Kipin Mobile akan diunduh oleh 5 juta pengguna.

"Karena kami melihat pangsa pasar dari Telkomsel juga sangat besar," ucapnya.

Vice President Sales and Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya, mengatakan pihaknya akan menyosialisasikan aplikasi tersebut ke masyarakat di seluruh Indonesia karena perseroan memiliki tim di seluruh wilayah Tanah Air.

"Kami juga akan lakukan broadcast kepada seluruh pengguna Telkomsel sebagai bagian dari sosialisasi," tandasnya. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Tingkatkan Produksi Padi dengan Meratakan Produktivitas Jawa-luar Jawa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:13 WIB
Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas beras di Indonesia adalah dengan menutup kesenjangan produktivitas di Jawa dan luar Jawa...
Antara

BUMN Kirim Mobil Evakuasi hingga Makanan untuk Korban Erupsi Semeru

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:05 WIB
Kementerian BUMN mengirimkan 12 unit mobil evakuasi, air mineral, masker, makanan siap saji dan selimut untuk para korban bencana letusan...
Dok.Pri

Saham Tays Bakers Oversubscribed 26x, Cerminan Prospek Cerah Industri Mamin

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 14:57 WIB
Hasil penawaran saham TAYS pada 30 November - 2 Desember mencerminkan prospek cerah dan stabil industri makanan dan minuman di dalam maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya