Sabtu 10 Juni 2023, 15:46 WIB

Meta Segera Luncurkan Aplikasi Berbasis Teks untuk Saingi Twitter 

Rahmatul Fajri | Weekend
Meta Segera Luncurkan Aplikasi Berbasis Teks untuk Saingi Twitter 

AFP/ TOBIAS SCHWARZ
Meta

 

RAKSASA teknologi Meta dikabarkan akan segera meluncurkan jejaring sosial berbasis teks yang dirancang untuk bersaing dengan Twitter. Dilansir dari BBC, aplikasi ini dapat terhubung dengan Instagram. Nantinya pengguna turut membawa pengikut dari Instagram.

Seorang juru bicara Meta menyebut platform tersebut sedang dalam pengembangan.

"Kami sedang menjajaki jaringan sosial terdesentralisasi yang mandiri untuk berbagi pembaruan teks. Kami percaya ada peluang untuk ruang terpisah di mana para kreator dan figur publik dapat berbagi informasi terkini tentang minat mereka," ujar juru bicara itu kepada BBC, dikutip Sabtu (10/6).

Kepala Produk Meta, Chris Cox, mengatakan, pihaknya masih menyempurnakan platform baru ini. Raksasa teknologi tersebut bertujuan untuk segera merilisnya. Tersiar kabar platform baru tersebut bisa diperkenalkan paling cepat akhir Juni.

Tangkapan layar platform tersebut telah diperlihatkan secara internal kepada karyawan Meta. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan gambaran seperti apa tampilan aplikasinya.

Sumber dalam perusahaan tersebut mengatakan tata letak platform baru ini akan tidak asing lagi bagi siapa saja yang pernah menghabiskan waktu di Twitter.

Baca juga: Meta Luncurkan AI yang Bisa Identifikasi Objek dalam Foto dan Video

Jaringan berbasis teks ini yang memiliki nama proyek P92 bisa menjadi saingan yang lebih besar bagi Twitter milik Elon Musk daripada BlueSky atau Mastodon. Meskipun BlueSky dan Mastodon telah menarik pengguna yang kecewa dengan Twitter, namun memulai dari awal di jejaring sosial baru dan membangun kembali sebuah komunitas adalah hal yang sulit.

Meta bisa mengambil kesempatan untuk membangun jejaring di platform mereka. Pasalnya, komunitas Instagram sangat besar. Meta mengatakan memiliki sekitar dua miliar pengguna.

Jika 25% pengguna Instagram dapat dibujuk untuk menggunakan P92, maka platform baru ini akan langsung menjadi besar dan dapat menyaingi Twitter.(M-4)

Baca Juga

 Christof STACHE / AFP

Memori Otak Lansia Bisa Meningkat dengan Permainan Puzzle Digital

👤Devi Harahap 🕔Kamis 28 September 2023, 09:04 WIB
Secara umum orang memiliki kemampuan yang baik untuk mengabaikan gangguan yang tidak relevan, sesuatu yang disebut 'pengkodean...
Ben Stansall / AFP

Duh, Mikroplastik Ternyata juga Mencemari Awan

👤Adiyanto 🕔Kamis 28 September 2023, 08:51 WIB
Para peneliti di Jepang telah mengonfirmasi bahwa mikroplastik terdapat di awan, yang kemungkinan besar berdampak terhadap iklim dengan...
MI/HO

The Watch Co Buka Toko Baru di Semarang dan Jakarta

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 28 September 2023, 07:30 WIB
"Kini, The Watch Co Friends pun memiliki lebih banyak tempat untuk menjelajahi koleksi-koleksi terbaru dan terbaik dari berbagai brand...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya