Kamis 25 Agustus 2022, 13:10 WIB

Simfoni untuk Bangsa 2022 Hadir Bersama Isyana Sarasvati

Fathurrozak | Weekend
Simfoni untuk Bangsa 2022 Hadir Bersama Isyana Sarasvati

MI/RAMDANI
Penyanyi Isyana Sarasvati dan Direktur Musik The Resonanz Music Studio Avip Priatna saat latihan jelang konser Simfoni untuk Bangsa 2022

 

SETELAH dua seri terakhir diselenggarakan secara virtual, tahun ini, orkes musik klasik dengan komposisi ciptaan komposer tanah air, Simfoni untuk Bangsa kembali hadir secara luring. Simfoni untuk Bangsa yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-13, akan berlangsung pada Sabtu, 27 Agustus pukul 19:30 WIB di Jakarta Concert Hall.

 

Konser orkestra yang digawangi komposer Avip Priatna bersama kelompoknya, The Resonanz Music Studio ini juga akan dimeriahkan oleh alumni murid Avip, solois Isyana Sarasvati. Salah satu lagu yang akan dibawakan oleh Isyana dalam komposisi musik klasik adalah Il Sogno.

 

Avip mengatakan, lahirnya konser Simfoni untuk Bangsa memang ia sengaja rancang untuk memajukan musik Indonesia, khususnya musik klasik. Baginya, penting untuk melestarikan lagu-lagu yang sudah ada dan memberikan para komponis Indonesia, karya mereka diperdengarkan oleh publik.

 

“Karena ini sebagai upaya kami agar karya-karya warisan Indonesia ini, termasuk karya musik tradisi, terus diperdengarkan. Oleh karena itu kami memberi kesempatan para komposer Indonesia untuk mengemas kembali lagu-lagu tersebut dalam kemasan yang lebih kekinian dan bisa diterima secara internasional. Formatnya kami kemas dengan orkestra,” kata direktur musik The Resonanz Music Studio Avip Priatna dalam konferensi pers di Balai Resital Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu, (24/8).

 

Dalam konser nanti, Avip mengatakan akan terbagi menjadi dua babak. Pada babak pertama, akan diperdengarkan komposisi murni instrumental. Menampilkan pianis Filda Salim yang membawakan Fantasi Indonesia Pusaka (karya Joko Lemazh) berdasar dari tema Indonesia Pusaka milik Ismail Marzuki. Dan pada babak kedua, akan ada komposisi yang juga menyertakan unsur vokal. Termasuk Isyana Sarasvati, yang pada saat masih duduk di bangku SMP, ia tiap pekan belajar musik bersama Avip. Selain Isyana, juga akan tampil kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers, yang baru saja meraih supremasi dengan memenangkan kompetisi paduan suara paling bergengsi di dunia, European Grand Prix for Choral Singing 2022.

 

Sementara itu, Indonesia Kaya yang menjadi sponsor utama Simfoni untuk Bangsa sejak pertama kali diselenggarakan menyatakan pihaknya ingin menjadi bagian para seniman dalam upaya mengenalkan karya-karya sekaligus memberikan dukungan bagi ekosistem seni.

 

“The Resonanz Music Studio adalah salah satu sekolah musik yang sangat produktif. Selama 13 tahun mendukung mereka, mereka selalu konsisten. Setiap tahun setidaknya ada enam agenda, dan Simfoni untuk Bangsa adalah yang terbesar. Konser ini sekaligus untuk melestarikan lagu-lagu Indonesia dengan konsep kekinian. Dan semoga mimpi bersama agar kelak konser musik klasik di Eropa juga memasukkan daftar lagu-lagu Indonesia bisa tercapai,” kata direktur program Indonesia Kaya Renitasari Adrian. (M-1)

Baca Juga

Dok. Varisa Amanda/DevDok SMK Muhammadiyah 1 Baturetno

Karnaval Pembangunan Meriahkan HUT ke-77 RI

👤Silvia Galuh Alfiani - SMK Muhammadiyah 1 Baturetno 🕔Senin 26 September 2022, 21:43 WIB
Kegiatan karnaval tahun ini menjadi yang pertama digelar Kecamatan Baturetno setelah hampir tiga tahun bangsa Indonesia diterpa pandemi...
MI/Fathurrozak

Festival Sinema Prancis 2022 Bakal Hadir di 13 Kota Indonesia

👤Fathurrozak 🕔Senin 26 September 2022, 21:15 WIB
Tahun ini, Festival Sinema Prancis (FSP) menayangkan 19 film secara luring dan empat film serta satu miniseri di Mola TV secara...
Dok. SMA Muhammadiyah 1 Gresik/smamsatugresik

Asah Skill lewat Kelas Prodistik dan Passion

👤Dwi Zuliah 🕔Senin 26 September 2022, 20:51 WIB
Membekali peserta didik dengan kemampuan dasar teknologi informasi (TI) yang dibutuhkan di perguruan tinggi, atau bahkan di dunia kerja,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya