Rabu 23 Maret 2022, 10:45 WIB

Tips Memilih Alat Memasak yang Higienis

Budi Ernanto | Weekend
Tips Memilih Alat Memasak yang Higienis

DOK IST
Ilustrasi dapur dengan perabotannya.

 

PROSES yang benar dan tepat dalam memasak akan menjadi salah satu faktor enak atau tidaknya masakan tersebut. Sebenarnya ada lagi yang berperan dalam mempengaruhi kualitas makanan, misalnya seperti teknik memasak, kebersihan bahan yang dimasak, serta peralatan dapur yang digunakan.

Mungkin kurang banyak disadari, bahwa peralatan memasak di dapur juga bisa mempengaruhi kualitas hasil masakan yang diolah.

“Sebenarnya, alat masak bukan sekedar sarana mempermudah proses memasak, tapi lebih dari itu, alat masak yang bagus, higienis dan berkualitas mempunyai dampak kesehatan bagi orang yang mengkonsumsi makanan,” ujar Muhamad Rizki, Marketing Manager PT Royal Sutan Agung, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan peralatan memasak makanan dalam keterangan resminya (23/3).

Dikutip dari akun geagetra.id di Instagram, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri alat masak yang aman digunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari:

Material alat masak
Peralatan masak di dapur terdiri atas bermacam material bahan. Ada beberapa jenis bahan diantaranya yang mudah menghantarkan zat kimia karsinogen bagi tubuh. Beberapa rekomendasi material bahan yang tidak mempengaruhi hasil masakan yakni marmer yang sering untuk pelapis alat masak. Selain marmer ada juga alat masakan bahan kaca yang bagus dan tidak meninggalkan residu terutama zat kimia.

Baca juga: Ini Tips Memasak Makanan Sehat dari Chef Norman Ismail

Tidak berbahan plastik
Hindari alat masakan yang terbuat dari bahan plastik, karena beberapa bahan plastik terbuat dari zat kimia berbahaya dan pada jangka panjang mendatangkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Sebaiknya dilihat label yang tertera pada produk alat masak sebelum membeli dan hindari bahan plastik tanpa label food grade.

Bebas bahan kimia
Hindari peralatan memasak yang mengandung bahan kimia saat pengolahan dan pembuatan alat masak tersebut. Hal ini mengingat makanan yang kita olah dengan alat masakan tersebut akan rentan terkontiminasi zat bahan kimia yang ada pada peralatan memasak yang digunakan untuk mengolah makanan.

Mudah dibersihkan
Peralatan masak yang mudah dibersihkan menandakan tidak adanya bahan kimia berbahaya. Karena alat bermaterial bahan kimia mengharuskan anda untuk berhati-hati dalam membersihkan, dengan dalih agar tak mudah tergores. Padahal sebenarnya adalah agar zat kimia tak mengelupas dan terlarut bersama makanan ketika memasak. (R-3)

Baca Juga

MI/Fathurrozak

Bumilangit Kenalkan Para Jagoan Patriot di Pop Art Jakarta

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:11 WIB
Setelah tahun lalu membawa Gundala, tahun ini Bumilangit kenalkan karakter-karakter dalam...
Dok Sony

Gaya Kaca Mata Protagonis ala Brad Pitt

👤Humaniora 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:58 WIB
 Pitt mengenakan sederet aksesoris termasuk kacamat yang menonjolkan karakternya yang terlihat sederhana namun...
MI/Fathurrozak

6 Hal yang Harus Diketahui di Balik Layar Mencuri Raden Saleh

👤Fathurrozak 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:20 WIB
Film Mencuri Raden Saleh akan tayang di bioskop pada 25...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya