Rabu 24 November 2021, 09:21 WIB

JK Rowling Penulis Novel Harry Potter jadi Korban Doxing

Putri Rosmalia | Weekend
JK Rowling Penulis Novel Harry Potter jadi Korban Doxing

AFP/Tolga Akmen
.JK Rowling

 

Penulis novel fenomenal Harry Potter, JK Rowling, baru saja menjadi korban  doxing. Ia melapor ke kepolisian Skotlandia setelah mengetahui alamat rumahnya telah disebar secara ilegal oleh beberapa akun Twitter.

Dilansir dari bbc.com, Selasa, (23/11), Rowling mengatakan terkejut setelah menemukan fakta adanya akun-akun Twitter yang menyebar alamat rumahnya. Padahal, ia tak pernah menginfokan alamat rumahnya selain pada kerabat atau sabahat terdekatnya.

Tak hanya alamat, pelaku doxing juga mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan rumah Rowling dari jarak dekat. Hal itu rupanya membuat Rowling merasa sangat khawatir dan takut.

Doxing ialah sebuah kegiatan melalui internet berupa penyebaran data pribadi seseorang tanpa izin. Hal itu bisa berakibat fatal dan sangat merugikan korban yang berpotensi menjadi target kejahatan siber ataupun secara langsung.

“Saya sangat berterima kasih pada kalian yang menginfokan mengenai kejadian ini pada saya. Ini sangat berarti bagi saya dan keluarga saya. Bagi akun-akun yang telah me-retweet foto alamat rumahku, aku harap kalian bisa menghapusnya,” ujar Rowling setelah akun yang menyebar alamatnya berhasil terlacak dan menghapus unggahannya.

Rowling mengatakan ia curiga doxing dilakukan  oleh orang-orang yang tak suka pada beberapa pendapatnya di media sosial. Seperti diketahui, Rowling merupakan salah satu tokoh terkenal yang kerap menyuarakan penolakan terhadap gerakan pendukung LGBT di Eropa.

Hingga saat ini, pihak kepolisian di Skotlandia masih menginvestigasi masalah Rowling doxing tersebut. Doxing merupakan hal yang melanggar hukum di sana dan proses hukum akan dilakukan terhadap pemilik akun yang pertama menyebar alamat dan foto rumah Rowling di sosial media. (M-4)

 

Baca Juga

Antara

Sapto Djojokartiko Hadirkan Koleksi Akhri Tahun Holiday Spirit

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 November 2021, 10:07 WIB
 Sapto Djojokartiko menghadirkan koleksi akhir tahun yang bertemakan “holiday...
Dok. Pribadi

Rupiah Digital sebelum Cryptocurrency

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 28 November 2021, 06:30 WIB
TREN investasi aset kripto tengah meningkat di...
MI

Sudoku edisi 28 November 2021

👤MI 🕔Minggu 28 November 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya