Selasa 28 September 2021, 18:36 WIB

Titik Pintar Tawarkan Pembelajaran Jarak Jauh Gratis bagi Siswa SD

Irana | Weekend
Titik Pintar Tawarkan Pembelajaran Jarak Jauh Gratis bagi Siswa SD

Dok. Titik Pintar
Platform Titik Pintar tawarkan pembelajaran jarak jauh secara gratis untuk siswa SD.

 


Sebuah laporan terbaru dari Bank Dunia merekomendasikan Indonesia untuk mengembangkan sistem pendukung pendidikan tambahan untuk membatasi hilangnya pengetahuan yang disebabkan oleh pandemi saat ini dan periode pembelajaran jarak jauh yang tak terelakkan di masa depan.

Studi yang dilakukan oleh Bank Dunia menunjukkan dampak COVID-19 terhadap perkembangan pendidikan Indonesia dan sebagai hasilnya, dampak ekonomi pada jangka menengah hingga panjang. Dalam laporan tersebut, disarankan bahwa untuk mengatasi potensi dampak negatif pada sistem pendidikan Indonesia, sekolah-sekolah di Indonesia perlu meneliti 'materi pembelajaran jarak jauh yang berkualitas tinggi dan mendukung pendekatan pengajaran yang baru' dengan tujuan untuk menjaga minat siswa dan membantu mereka yang sedang berjuang'.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa siswa Indonesia kehilangan hingga 1,2 tahun untuk pengembangan pendidikan yang disebabkan oleh keterbatasan pembelajaran secara tatap muka dan efektivitas alat pembelajaran online yang tersedia. Selain tantangan pembelajaran jarak jauh dalam skala yang begitu luas, kurangnya interaksi fisik dan sosial dengan teman sebaya mendorong sebagian anak mencari pelarian ke media sosial dan game online.

"Urgensi dan tantangan untuk mendidik anak-anak SD sangatlah besar. Kami melihat bahwa materi pembelajaran yang ditawarkan Titik Pintar dapat membantu anak-anak untuk perkembangan pendidikan mereka dan, dengan senang hati, menawarkan aplikasi kami secara gratis. Inisiatif terbaru dari Titik Pintar ini memperkuat komitmen kami untuk membantu siswa SD di Indonesia untuk menyerap pengetahuan lebih baik dengan cara membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka,” kata CEO Titik Pintar Robbert Deusing.

Menurutnya, materi pembelajaran di Titik Pintar didesain gamified atau seperti permainan dan dikhususkan untuk pembelajaran jarak jauh. Hal itu  memungkinkan anak-anak untuk belajar sambil bermain dengan mata pelajaran favorit mereka.

Materi pembelajaran yang tersedia di Titik Pintar dibuat oleh kontributor Indonesia yang tergabung di SahabatPintar.id, sebuah platform kolaborasi berbasis web yang menyediakan konten pendidikan berkualitas tinggi untuk siswa SD di Indonesia. Semua materi pada platform Titik Pintar tersedia dalam Bahasa Indonesia dan sejalan dengan kurikulum sekolah dasar yang dibuat oleh pemerintah Indonesia. Saat ini, Titik Pintar
menawarkan konten Matematika dan Sains untuk kelas 4 dan 5 serta akan memperluas materi pembelajaran untuk kelas lainnya pada tahun 2022.

Siswa  juga dapat bermain kuis berbasis pengetahuan dan permainan dengan teman sebaya atau sekolah lain, dan bahkan setiap sekolah juga dapat bersaing satu sama lain. Elemen kompetitif yang tercipta secara sehat ini memungkinkan anak-anak untuk terus meningkatkan pengetahuan mereka di luar jam sekolah. Hal ini juga dapat mempercepat pengembangan pengetahuan mereka berdasarkan kurikulum yang diajarkan di sekolah dan menjauhkan anak-anak dari terlalu banyak bermain media sosial dan game.

“Hal ini dapat dicapai melalui efek yang menstimulasi pikiran mereka untuk mendapatkan mind power serta koin pintar yang tersedia di aplikasi Titik Pintar dan dapat mereka tunjukkan kepada teman-teman mereka
dengan cara yang menarik dan menyenangkan,” ucap Deusing.

Aplikasi Titik Pintar di Google Play telah diunduh lebih dari 100.000 kali secara nasional dan diproyeksikan menjangkau satu juta pengguna pada 2022. (RO/M-2)

Baca Juga

Dok: IDN Pictures

Fajar Nugros Bakal Sutradarai Srimulat The Movies

👤Retno Hemawati 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 15:05 WIB
Fajar Nugros menyambut inisiasi ini dengan sangat...
Dok Film Kadet 1947

Film Kadet 1947 Rilis Poster Resmi saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 13:26 WIB
Poster ini membawa sentuhan hangat persahabatan para kadet yang berjuang untuk Indonesia, dan nuansa optimisme dari langit cerah yang...
MI/Ramdani

Menteri ESDM: Indonesia Mainkan Peran Penting dalam Kebutuhan EBT

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 11:35 WIB
Indonesia akan memainkan peran penting menyelamatkan bumi dan menjadi menjadi sumber kebutuhan energi baru terbarukan untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya