Minggu 25 April 2021, 06:05 WIB

Manfaat Lidah Buaya Cegah Beragam Masalah Kulit

Dhika kusuma winata | Weekend
Manfaat Lidah Buaya Cegah Beragam Masalah Kulit

FOTO ANTARA/Kadek Swarna
Kebun lidah buaya (aloe vera) di Desa Bulian, Singaraja, Bali.

 

MANFAAT lidah buaya sangatlah beragam. Baik itu untuk menjaga kesehatan kulit maupun kecantikan wajah.

Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya baik dengan meminumnya, mengoleskan gel lidah buaya atau membeli kosmetik yang mengandung tumbuhan tersebut.

Dilansir dari Skinkraft.com, lidah buaya sangat bagus untuk kulit Anda. Karena itu, banyak perempuan memanfaatkan gel lidah buaya untuk mencegah beragam masalah kulit.

Disebutkan bahwa lidah buaya mengandung bahan alami, seperti calendula atau echinacea, yang memiliki khasiat penyembuhan.

Gel lidah buaya dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama jenis kulit kering dan sensitif. Dapat digunakan oleh jenis kulit berminyak dan kombinasi serta untuk mengobati berbagai kondisi kulit.

Namun, khusus bagi Anda yang memiliki masalah kulit, sebelum memakai gel lidah buaya ini, tak ada salahnya menanyakan pada dokter.

Meskipun bahan alami, studi menunjukkan bahwa lidah buaya tidak boleh digunakan untuk mengobati luka pasca operasi.  Karena justru dapat mengurangi kemampuan penyembuhan alami kulit Anda.

Baca juga: Dua Rumus Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah

Efek samping lain dari gel lidah buaya bisa berupa gatal atau sensasi terbakar, saat diserap oleh kulit. Anda bisa mengalami ruam, jika kulit Anda sensitif terhadap gel.

Lebih lanjut, berikut adalah sederet manfaat lidah buaya yang bisa Anda simak dan bisa diterapkan suatu saat.

1. Mengatasi luka atau lecet

Gel lidah buaya efektif untuk mengatasi luka atau kulit lecet dengan cepat. Gel ini dapat dioleskan bagian kulit yang bermasalah. Beberapa saat setelah memakai, bahkan bisa mengurangi sensasi perih. Penelitian telah menunjukkan bahwa struktur molekul gel dapat membantu menyembuhkan luka, karena memiliki sifat meningkatkan kolagen dan melawan infeksi bakteri.

2. Mengatasi jerawat

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan jerawat. Namun, jangan mengoleskan gel dengan jari Anda. Sebaiknya, gunwkan kapas dan oleskan pelan-pelan di bagian jerawat.

3. Mengatasi kulit kering

Jika Anda mengalami kulit kering atau berminyak, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai pelembap. Karena diserap dengan cepat oleh kulit, tidak menyumbat pori-pori pada kulit berminyak. Untuk kulit kering, gunakan setelah mandi agar bisa menjaga kelembapan kulit dengan baik.

4. Anti penuaan

Siapa sih yang enggak ingin awet muda? Lidah buaya dapat digunakan untuk menunda penuaan dini loh. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan penggunaan teratur saat dikonsumsi secara oral atau dioleskan.

Baca juga: Tujuh Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

Anda juga perlu mengetahui bahwa gel lidah buaya aman digunakan, jika diminum hingga 40 hari, tetapi jumlahnya tidak lebih dari 15 ml. Jika ingin menggunakan gel untuk wajah, Anda bisa menggunakan hingga satu sendok makan saja atau dicampur dengan bahan lain. (OL-4)

Baca Juga

MI

Sudoku edisi 23 Januari 2022

👤MI 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ngibul

👤M. Tiyok 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:00 WIB
HALAH Ngibul aja lo...
Butet K

Bung Sentil: Pokoknya Salah

👤Butet K 🕔Minggu 23 Januari 2022, 05:40 WIB
KALAU Ibu Kota negara yang baru di namai Nusantara, tidak setujuuuu!!! itu nama PKI...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya