Kamis 28 Januari 2021, 13:00 WIB

Karya Masterpiece Botticelli Diharapkan Terjual Rp1,2 Triliun

Adiyanto | Weekend
Karya Masterpiece Botticelli Diharapkan Terjual Rp1,2 Triliun

Tolga Akmen / AFP
"Young Man Holding a Roundel" karya pelukis Italia Sandro Botticelli saat dipamerkan di Museum London, tahun lalu.

SEBUAH lukisan karya seniman renaisans Italia, Sandro Botticelli diharapkan bakal terjual lebih dari US$80 juta, pada acara lelang di Sotheby, New York, Kamis (28/1).

"Young Man Holding a Roundel," yang diyakini dilukis pada tahun 1470-an atau 1480-an, dianggap sebagai salah satu karya terbaik Botticelli dan bakal menjadi puncak acara lelang Sotheby Masters Week.

"Karya Botticelli ini jauh lebih spektakuler dalam segala hal daripada apa pun yang kami lihat di pasar (seni)," kata Christopher Apostle, wakil presiden senior Sotheby, kepada AFP.

Lukisan berukuran 23 inci kali 15,5 inci (58 cm kali 39 sentimeter) itu menunjukkan seorang pria menjelang dewasa dengan rambut panjang, duduk memegang cakram yang menampilkan seorang suci berjanggut.

Roundel, yang menggambarkan orang suci dengan tangan kanan terangkat, adalah karya seni asli abad ke-14 yang dikaitkan dengan pelukis Bartolommeo Bulgarini.

Sejarawan seni menduga Botticelli menggambarkan seorang bangsawan dengan bangga memamerkan karya seni sebelumnya.

"Gambar ini melambangkan dan mencontohkan Renaisans di Florence. Kami belum pernah melihat yang seperti itu seumur hidup saya," kata Rasul, yang menggambarkannya sebagai "sebuah mahakarya."

Lukisan itu diwariskan melalui beberapa generasi dari sebuah keluarga aristokrat di Wales selama sekitar 200 tahun.

Para ahli seni tidak menyadari keberadaan lukisan itu sampai lukisan itu pertama kali muncul di pasar pada awal abad ke-20.

Lukisan karya Botticelli  telah lebih dari 40 tahun terakhir dipamerkan di depan umum sejak pemiliknya saat ini memperolehnya pada tahun 1982, hanya dengan 810.000 pound (US$1,1 juta). Lukisan ini telah dipamerkan di Museum Seni Metropolitan New York, Galeri Nasional di London, dan di tempat lain.

Pihak Sotheby mengatakan jika lukisan ini terjual lebih dari US$80 juta, akan menjadikan karya itu sebagai salah satu lukisan paling signifikan yang pernah dijual di balai lelang.

Rekor sebelumnya untuk Botticelli ditetapkan pada 2013 ketika karyanya "Madonna and Child with Young Saint John the Baptist" terjual seharga US$10,4 juta. (AFP/M-4)

Baca Juga

eminenceorganics.com

Tips Menetralkan Kulit dari Kosmetik Abal-Abal

👤Retno Hemawati 🕔Senin 08 Maret 2021, 17:27 WIB
Semakin lama dipakai produk bermerkuri akan semakin menumpuk di jaringan kulit dan perlu waktu lama hingga tahunan untuk...
Tangkapan layar YouTube

Sejarah Musik Ska Indonesia bakal Dibukukan

👤Fathurrozak 🕔Senin 08 Maret 2021, 16:42 WIB
Menulis buku sejarah ska di Indonesia menjadi salah satu rencana Indonesia Ska Connection...
Joe Pugliese/ Harpo Productions/ AFP

Meghan Markle Mengaku Nyaris Bunuh Diri Saat Hamil Archie

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 08 Maret 2021, 13:00 WIB
Ia kini mengandung anak berjenis kelamin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya