Senin 25 Januari 2021, 20:09 WIB

Submission Lantunkan Mars Pembuka Album Young Offender

adiyanto | Weekend
Submission Lantunkan Mars Pembuka Album Young Offender

dok.Submission
Band Submission

Di penghujung 1980-an hingga 1990-an, Pit Pub, sebuah pub kecil di kawasan Pondok Indah, menjadi altar bagi para musikus metal Jakarta. Sejumlah band cadas seperti Sucker Head, Roxx, dan Rotor lahir dari tempat ini. Ketika itu, mereka mengkhotbahkan petuah-petuah dari Metallica, Sepultura, Slayer, dan band metal mancanegara lainnya.

Setelah itu, tepatnya di pertengahan 90-an, muncul Poster Cafe di kawasan Gatot Subroto Jakarta, tepatnya dekat area Museum Satria Mandala. Tempat ini umumnya menjadi kiblat bagi band bermazhab Brit Pop, yang populer di era MTV. Beberapa band punk dan grunge juga kadang mengisi panggung sempit yang dipenuhi asap rokok itu, salah satunya Submission.

Seperti halnya di Pit Pub, para penampil di Poster Cafe umumnya band cover version yang membawakan lagu-lagu dari Smashing Pumpkins, Stone Roses, Blur, dan sebagainya. Sementara Submission yang ketika itu beranggotakan Ondy, Levi, Rully, dan Sendy menggaungkan karya-karya The Exploited, Nine Inch Nails, hingga Jesus and Marry Chain.

Pada 1995, Ondy memutuskan melanjutkan kuliah dan fokus rehabilitasi dari ketergantungan obat, sehingga meninggalkan Submission yang saat itu belum merilis album rekaman. Sedangkan personel lain, seperti Levi membentuk The Fly, sementara Sendy bergabung dengan Fable. Submission sempat muncul kembali pada 2013 di acara reuni komunitas Young Offender. Kala itu, Ondy dan Levi mengajak Syahrian Prinka dan Aries Wijaksena, melengkapi formasi reuni.

Kini, di 2021, Submission merilis lagu berjudul "Young Offender" setelah lama hiatus dari dunia musik Indonesia. Dalam keterangan resminya, Minggu (25/1), disebutkan lagu "Young Offender" ini juga menjadi rilisan satu-satunya dari grup yang kini berformasikan Ondy, Levi, dan Aries tersebut.

Lagu ini menjadi mars pembuka album kompilasi bertajuk Young Offender. Selain mereka, band yang turut meramaikan album ini antara lain, Toilet Sound, Treasure Hiding, Parklife, serta Cliffton J Rompies atau dikenal dengan nama panggung dr. Iyep, dan Jimmy Jazz, band bentukan Jimmy Multhazam The Up Stairs.

Nah, bagi Anda yang rindu geliat lantai dansa di Poster Cafe, album kompilasi ini mulai bisa dipesan (pre order) mulai 20 Januari, sebelum dirilis resmi pada akhir bulan ini. (M-4)

Baca Juga

Ist

Start-up Lokal Ini Padukan Kopi dan Ayam Goreng

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:00 WIB
Ayam goreng merupakan salah satu  makanan yang paling disukai masyarakat...
Daniel ROLAND / AFP

Berburu jadi Gaya Hidup Baru Generasi Muda di Jerman

👤Adiyanto 🕔Kamis 25 Februari 2021, 16:30 WIB
Lisensi berburu kini semakin populer di Jerman, negara yang mayoritas penduduknya gemar mengonsumsi...
Unsplash/ Jason Leung

Koi Tertua di Dunia Diperkirakan Berusia 226 Tahun

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 25 Februari 2021, 14:45 WIB
Ikan bernama Hanako itu mati pada 1977 dan usianya diyakini masih yang terpanjang hingga saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya