Kamis 21 Januari 2021, 07:00 WIB

Salinan Lukisan Leonardo da Vinci Berusia 500 Tahun Ditemukan

Galih Agus Saputra | Weekend
Salinan Lukisan Leonardo da Vinci Berusia 500 Tahun Ditemukan

FRANCOIS GUILLOT / AFP
Lukisan Leonardo da Vinci, "Salvator Mundi di The Louvre Museum Paris

PETUGAS keamanan Italia telah berhasil menemukan salah satu salinan karya Leonardo da Vinci. Salinan karya berjudul Salvator Mundi itu, ditemukan di sebuah apartemen milik seseorang berusia 36 tahun.

Sebagaimana diketahui, salinan Salvator Mundi itu sendiri diperkirakan sudah berusia 500 tahun. Menariknya, pihak pengelola Museum Doma di Napoli, yang menyimpan lukisan tersebut, justru tidak tahu kalau koleksinya dicuri.

"Lukisan itu ditemukan kemarin Sabtu (16/1)  berkat operasi polisi yang brilian dan tekun. Tidak ada keluhan tentang masalah ini dan sebenarnya kami telah menghubungi pihak museum, yang tidak mengetahui hilangnya lukisan. Ruangan tempat lukisan itu disimpan belum dibuka selama tiga bulan," terang Jaksa Napoli, Giovanni Melillo, seperti dilansir The Guardian.

Salvator Mundi ialah salah satu karya Leonardo yang cukup terkenal. Harga lelangnya sangat tinggi yakni mencapai US$450 juta (Rp6,3 triliun). Salinannya dikerjakan seniman, Giacomo Alibrandi yang diperkirakan pada awal 1500-an.

Hingga saat ini petugas keamanan di Napoli masih menyelidiki kasus pencurian tersebut, karena belum menemukan adanya tanda-tanda pembobolan di museum. "Masuk akal kalau pencurian itu diperintahkan oleh organisasi yang bekerja di perdagangan seni internasional," ujar Melillo. (AFP/M-4)

Baca Juga

JIM WATSON / AFP

Gigit Staf Gedung Putih, Anjing Milik Joe Biden Dipulangkan

👤Adiyanto 🕔Selasa 09 Maret 2021, 12:28 WIB
Anjing itu menunjukkan perilaku agresif termasuk melompat, menggonggong, dan menyerang staf dan keamanan Gedung Putih, CNN...
 Giuseppe CACACE / AFP

Sekitar 2,5 Miliar Orang akan Alami Gangguan Pendengaran pada 2050

👤Deden Muhammad Ronjani 🕔Selasa 09 Maret 2021, 12:07 WIB
Organisasi tersebut mencatat kurangnya akses ke perawatan, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah, berkontribusi besar terhadap...
instagram: virgiawan Listanto

Iwan Fals Rilis Piringan Hitam 'Mata Dewa' di Hari Musik Nasional

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 09 Maret 2021, 11:21 WIB
Rilis kali ini dilakukan untuk menyambut Hari Musik Nasional, yang diperingati setiap 9...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya