Senin 06 April 2020, 10:25 WIB

PBB Minta Pemerintah di Seluruh Dunia Lindungi Perempuan

Adiyanto | Weekend
PBB Minta Pemerintah di Seluruh Dunia Lindungi Perempuan

Angela Weiss / AFP
Sekjen PBB Antonio Guterres

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak pemerintah di seluruh dunia untuk memasukkan perlindungan perempuan dalam upaya mereka menghadapi pandemi virus korona yang mematikan.

"Kekerasan (terutama terhadap perempuan) bukan bagian dari medan perang (melawan virus korona)," kata Guterres dalam sebuah pernyataan dan sebuah video yang dirilis dalam berbagai bahasa, mengingatkan seruannya untuk gencatan senjata dalam konflik di seluruh dunia untuk menghadapi pandemi covid-19.

"Bagi banyak wanita dan anak perempuan, ancaman terbesar tampak di mana mereka seharusnya paling aman. Di rumah mereka sendiri," kata Guterres seperti dikutip AFP.

Menurut Guterres, selama beberapa pekan terakhir ketika tekanan ekonomi dan sosial dan ketakutan telah tumbuh,  pihaknya telah menyaksikan lonjakan global yang mengerikan dalam kekerasan dalam rumah tangga.

"Saya mendesak semua pemerintah untuk membuat pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan sebagai bagian penting dari rencana respons nasional mereka untuk covid19," katanya.

Guterres menyerukan untuk mendirikan sistem peringatan darurat di apotek dan toko bahan makanan, dan untuk cara-cara yang aman bagi perempuan untuk mencari dukungan, tanpa memperingatkan pelaku kekerasan.

"Bersama-sama, kita dapat dan harus mencegah kekerasan di mana-mana, dari zona perang hingga rumah orang, saat kita berusaha untuk mengalahkan covid-19," katanya, seraya menyerukan perdamaian di rumah, di seluruh dunia. (M-4)

Baca Juga

Jens Schlueter / AFP

Main Candy Crush Saat Rapat, Politikus Jerman ini Dikecam

👤Adiyanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 21:47 WIB
Politisi partai sayap kiri itu mengaku beberapa orang rekannya juga bermain sudoku, catur, atau scrabble di ponsel...
dok.Submission

Submission Lantunkan Mars Pembuka Album Young Offender

👤adiyanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:09 WIB
Band yang turut meramaikan album ini antara lain, Toilet Sound, Treasure Hiding, Parklife, serta Cliffton J Rompies atau dikenal dengan...
Kiri: Luna; Kanan: Lupo

Pangeran William dan Kate Middleton Diam-Diam Lakukan Adopsi

👤Irana 🕔Senin 25 Januari 2021, 19:35 WIB
Lupo bergabung dengan keluarga Duke dan Duchess of Cambridge sejak 2011, sebelum kemudian meninggal pada November...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya