Rabu 09 November 2022, 10:00 WIB

Layanan Komputasi Awan Baremetal Instan di Data Center Tier-4

Mediaindonesia.com | Teknologi
Layanan Komputasi Awan Baremetal Instan di Data Center Tier-4

DOK Pribadi.
Beberapa jenis pekerjaan hanya dapat dilakukan pada server baremetal, seperti yang membutuhkan akses langsung ke perangkat keras.

 

KINI pelanggan perusahaan atau startup dengan beban kerja dan transaksi yang besar serta menjalankan aplikasi mission-critical, seperti pelanggan di sektor keuangan, asuransi, kesehatan, sektor publik, energi, telekomunikasi, dan manufaktur, atau yang menjalankan aplikasi big data dapat menikmati layanan cloud baremetal instan yang disediakan IDCloudHost di data center tier-4, DCI Indonesia. Sebelumnya, pelanggan harus membeli dan menyediakan server sendiri serta menyewa rak dan melakukan set-up di data center yang mereka pilih. 

Bisa juga pelanggan layanan dari cloud provider yang hanya memberikan akses ke virtual machine, serverless function, storage yang dikelola oleh software, dan sumber daya komputasi lain. Pelanggan sendiri tidak dapat berinteraksi langsung dengan perangkat keras saat beban kerja dan aplikasi pelanggan dioperasikan.

Bekerja sama dengan DCI Indonesia, IDCloudHost menyediakan layanan cloud computing baremetal instan kepada pelanggan yang membutuhkan dukungan lingkungan operasional dengan kelas data center tier-4. Data center tier-4 memiliki karakteristik sepenuhnya fault tolerant dan memiliki redundansi untuk setiap komponen dengan uptime sebesar 99,995%.

"Dengan layanan baremetal instan dari IDCloudHost, pelanggan dapat menikmati dukungan layanan data center tier-4 dari DCI Indonesia tanpa harus membeli dan berinvestasi pada perangkat server, menyewa rak, atau melakukan instalasi dan setup sistem perangkat, maupun infrastruktur keamanan mereka sendiri. Layanan baremetal instan dari IDCloudHost dapat diaktifkan dalam waktu singkat, 10 menit oleh pelanggan," kata Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO PT Cloud Hosting Indonesia, yang juga dikenal dengan nama IDCloudHost.

Pemuda yang akrab disapa Alfi ini menjelaskan lebih lanjut tentang manfaat layanan Baremetal Instan IDCloudHost. "Dengan layanan ini, pelanggan hanya perlu membayar biaya sewa bulanan penggunaan dedicated server yang telah dilengkapi operating system. Cocok untuk perusahaan dengan aplikasi critical mission dan startup yang sedang berkembang. Layanan komputasi awan baremetal bersifat fleksibel dan dapat diaktifkan kapan saja, karena tidak berbagi sumber daya komputasi yang dimilikinya dengan pihak lain. Pelanggan juga memiliki kendali penuh atas kinerja baremetalnya. Mereka bisa mendapatkan hasil maksimal dari kinerja komputasinya. Dengan kata lain, pelanggan akan memiliki akses ke sumber daya yang hampir sama dengan jika mereka hosting di server di gedung mereka sendiri," jelas Alfi dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11).

Dalam kesempatan yang sama, DCI Indonesia menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan pihak IDCloudHost. "Kami menyambut baik kerja sama DCI Indonesia dan IDCloudHost dan bergembira dapat mendukung IDCloudHost untuk menyediakan layanan baremetal dengan menyediakan infrastruktur data center tier-4 berkinerja tinggi. DCI Indonesia menyediakan layanan infrastruktur pusat data yang andal, cloud dan carrier-neutral, serta berstandar global untuk data pelanggan dan mitra kami yang berharga," imbuh J.C Gani, Direktur Sales & Marketing, PT DCI Indonesia.

Untuk berlangganan layanan cloud Barematal Instan dari IDCloudHost, pelanggan dapat mengunjungi situs web https://IDCloudHost.com/bare-metal-server/. Layanan cloud computing Baremetal memecahkan beberapa masalah seperti masalah kontrol, pekerjaan dengan beban kerja tinggi, dan tingkat keamanan. Perusahaan memiliki kontrol lebih besar atas infrastruktur fisik mereka dengan layanan cloud baremetal daripada layanan virtual machine pada umumnya. Sebagian besar beban kerja berjalan lebih cepat pada bare metal daripada saat dijalankan di atas hypervisor.

Beberapa jenis pekerjaan hanya dapat dilakukan pada server baremetal, seperti yang membutuhkan akses langsung ke perangkat keras seperti rendering video. Dengan layanan cloud baremetal, proses ini dapat dijalankan di cloud. Layanan cloud baremetal lebih aman daripada layanan cloud lain karena beberapa pelanggan menjalankan layanan tervirtualisasi yang di-hosting di server fisik yang sama. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Ini Cara Menghapus Akun Google dari Ponsel dan Laptop

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:15 WIB
Akun-akun yang sudah tidak Anda gunakan lagi dapat mengganggu Anda dengan surel spam dan...
DOK Pribadi.

Tiger Global Dukung Startup asal Hong Kong Masuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:10 WIB
Didirikan pada 2019 oleh Henson Tsai, SleekFlow memulai perjalanannya sebagai omnichannel social messaging platform yang kini melayani...
Ist

Teknologi GeoAI Bantu Pemerintah Identifikasi Skala Prioritas Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:39 WIB
GeoAI adalah suatu pendekatan pemecahan permasalahan dengan menggunakan sistem informasi geografis yang digabungkan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya