Selasa 18 Januari 2022, 20:21 WIB

Kamera Lumix GH5M2 Hadirkan banyak Fitur untuk Permudah Proses Live Streaming 

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Kamera Lumix GH5M2 Hadirkan banyak Fitur untuk Permudah Proses Live Streaming 

Dok. Panasonic
Kamera Lumix GH5M2

 

PRODUSEN elektronik, Panasonic  meluncurkan kamera mirrorless digital terbaru LUMIX GH5M2. Sebagai evolusi dari produk sebelumnya, LUMIX GH5, kamera LUMIX GH5M2 menghadirkan banyak fitur menarik bukan hanya pada update firmware saja, tapi juga peningkatan performa kamera yang diklaim bisa memanjakan videografer dan fotografer professional khususnya untuk kebutuhan live streaming.  

LUMIX GH5M2 menghasilkan perekaman video C4K*1/4K 60p 4:2:0 10-bit*2 dan output simultan 4:2:2 10-bit melalui HDMI selama 4K 60p 4:2: 0 dan Internal recording 10-bit. Dengan tambahan V-Log yang telah terpasang sebelumnya, LUMIX GH5M2 bisa dengan mudah mencocokkan tone warna dengan footage recorded dalam V-Log S1H/S1 dan V-Log L dari GH5/GH5S.  

Memiliki Sensor Digital Live MOS 20,3 megapiksel dengan lapisan AR (Anti-Reflective), LUMIX GH5M2 dengan jelas mampu menangkap detail dan mendorong kinerja lensa secara maksimal. Prosesor gambar juga di-update dari GH5 dengan mengadopsi Venus Engine terbaru yang menawarkan kecepatan tinggi dan kinerja tinggi.  

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia Tomonobu Otsu mengatakan, perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat, terutama dalam industri kreatif di Indonesia. 

“Wujud dan komitmen Panasonic dalam menghadirkan produk terbaik untuk masyarakat akan selalu sejalan dengan tagline perusahaan yaitu ”A Better Life, A Better World”. Dalam hal ini, inovasi teknologi dari LUMIX GH5M2 diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk semakin produktif berkarya membuat konten kreatif yang berkualitas dengan mengikuti teknologi” ujar Tomonobu Otsu dalam keterangannya. 

Pada LUMIX GH5M2 terbaru yang mempunyai AF berkecepatan tinggi dan presisi tinggi, subjek foto tertentu, seperti manusia dan hewan, termasuk canidae, felidae dan burung dapat terdeteksi. Bahkan bagi objek seperti manusia, selain mata, wajah, tubuh, kepala juga dikenali secara terpisah oleh teknologi deteksi real-time untuk memberikan pemfokusan subjek yang lebih presisi.  

Untuk mencapai hasil shoot yang stabil saat kamera digenggam, Body I.S.(Image Stabilizer) di LUMIX GH5M2 dibuat lebih canggih, sehingga memungkinkan untuk menggunakan shutter speeds lebih lambat 0,6,5-stop*3. Mengadopsi algoritme terbaru yang dikembangkan untuk S1H, hasil video yang halus dan stabil akan terlihat bahkan pada titik di mana kamera bergerak atau dalam keadaan panning.  

Baca juga : Aplikasi Jual Beli Aset Kripto PINTU Tambah Enam Token Baru

Head of AV Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi mengatakan, Panasonic selalu melihat kebutuhan masyarakat saat ini. Sebagai contoh dalam dunia digital, content creator cenderung melakukan live streaming untuk menunjukkan karyanya. 

Karena itu, LUMIX GH5M2 memilki feature live streaming secara nirkabel menggunakan aplikasi LUMIX Sync pada smartphone dengan pengaturan yang mudah, baik di luar ruangan atau di dalam ruangan. Disesuaikan dengan H.264 dalam protokol RTMP/RTMPS, FHD/60p dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 16Mbps*4. 

“Dengan feature live streaming berkualitas tinggi, Panasonic memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membuat karya yang bisa dinikmati banyak orang. Selain secara nirkabel, LUMIX GH5M2 mendukung live streaming berkabel, melalui program software khusus LUMIX Webcam Software sudah bisa diunduh saat ini. Dengan pembaruan firmware di masa mendatang live streaming dapat disiarkan secara stabil ke platform streaming social” tutur Agung. 

Sebagai tambahan, GH5M2 mempunyai LCD free-angle 3,0 inci berkontrol sentuh, dalam aspek 3:2, dan beresolusi tinggi 1,840K-dot. Bahkan seri ini memiliki luminositas yang lebih tinggi daripada GH5 dan reproduksi warna superior untuk memastikan visibilitas tinggi di luar ruangan. 

Untuk menahan penggunaan secara berat di lapangan, LUMIX GH5M2 terdiri dari rangka depan / belakang die-cast penuh berbahan magnesium dan tidak hanya tahan percikan*5 dan debu tetapi juga tahan beku hingga -10 derajat celcius.  

Fitur lain dari LUMIX GH5M2 mencakup Bluetooth 4.2 dan Wi-Fi 5GHz (IEEE802.11ac)*6 / 2.4GHz (IEEE802.11b/g/n). Sebagian besar aksesori untuk GH5, seperti Adaptor Mikrofon XLR, Remote Control Shutter, dan Pegangan Baterai, juga dapat digunakan dengan GH5M2. Bahkan terdapat pembaruan firmware yang sudah dijadwalkan untuk lensa GH5M2 dan LUMIX G/ LEICA DG untuk meningkatkan kinerja dan kegunaan GH5M2.  

Lumix GH5M2 dibanderol dengan harga Rp23.999.000 dan saat ini sudah tersedia di dealer-dealer resmi Lumix Indonesia dan juga official store Lumix Indonesia di Blibli.com dan Tokopedia. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Tokopedia

Bantu Hasilkan Talenta Digital, Tokopedia Academy Hadirkan 18 Program Pelatihan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:27 WIB
"Selain mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi, upaya ini juga ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah memenuhi...
Ist

Tingkatkan Pelayanan, Perusahaan Nutrisi Bertransformasi Teknologi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:33 WIB
Herbalife Nutrition,  bekerja sama dengan PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (Cashlez) menghadirkan pembayaran non-tunai di Automated...
DOK Pribadi.

TKDN Bangun Negeri melalui Teknologi Sistem Transportasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:15 WIB
TKDN merupakan anggota ITS Indonesia (Intelligent Transport System) yang memiliki visi untuk pengembangan mobilitas cerdas digital dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya