Kamis 30 Desember 2021, 17:45 WIB

Efison Luncurkan Aleleon Supercomputer Komputasi Saintifik

Siswantini Suryandari | Teknologi
Efison Luncurkan Aleleon Supercomputer Komputasi Saintifik

Dok AMD
Superkomputer bertenaga AMD EPYC 7702P dan Prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X.

 

DUNIA komputer di Indonesia terus berkembang seiring perkembangan dunia digital saat ini. Berdiri di Indonesia, Efison meluncurkan Aleleon Supercomputer pada April 2021. Aleleon Supercomputer adalah layanan superkomputer publik pertama untuk komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan big data.  Superkomputer bertenaga AMD EPYC 7702P dan Prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X.

Di dunia digital, data akan menjadi kekuatan pendorong di belakang kemajuan bisnis, akademik, dan saintifik. Untuk mengelola begitu banyak data, konsumen menginginkan komputasi yang siginifikan.

Faktanya, perkiraan DataSphere IDC menunjukkan bahwa penciptaan dan replikasi data global akan mengalami compound annual growth rate (CAGR) sebesar 23% selama periode 2020-2025.

Dengan tenaga dan kecepatan komputasi yang ditawarkan oleh teknologi High Performance Computing (HPC), HPC dapat sangat mengurangi waktu dan TCO yang diperlukan untuk melakukan operasi intensif komputasi dan memproses data dalam jumlah besar.

Menyadari nilai luar biasa dari teknologi HPC di dunia berbasis data saat ini, HPC kemungkinan akan digunakan oleh organisasi dari semua ukuran dan menyatu dengan bidang komputasi canggih lainnya termasuk komputasi cloud, kecerdasan buatab (AI), dan pembelajaran mesin.  

Hal ini didukung laporan Deloitte Insights berjudul Technology, Media and Telecommunications Predictions 2019, yang mencatat bahwa pasar Superkomputer dua tahun lalu sekitar US$50 miliar. Saat ini diproyeksikan akan tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi dan peningkatan permintaan untuk data.  

Dalam keterangan tertulis dari AMD Singapura diterima mediaindonesia.com, Kamis (30/12), Efison didirikan  dengan dedikasi khusus untuk meningkatkan aksesibilitas ke teknologi HPC. Setelah 6 bulan pengujian beta, Efison berhasil merilis Aleleon Supercomputer berbasis CPU AMD EPYC, layanan HPC bertenaga prosesor AMD pertama di Indonesia yang dapat diakses publik untuk komputasi saintifik, analisis big data dan di bidang artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan). Kehadiran Aleleon ini diharapkan bisa memengaruhi cakupan penggunaan HPC di Indonesia.   

baca juga: Aplikasi Bursa Hukum Sediakan Berbagai Jasa Hukum bagi Masyarakat

Sebuah sistem custom-built yang ditenagai oleh prosesor server AMD EPYC 7702P dan Prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X, Aleleon  Supercomputer tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat umum hingga akademisi dan institusi.

Dengan kemampuan luar biasa untuk komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan komputasi big data, Aleleon Supercomputer bertujuan untuk membuat HPC dapat diakses oleh semua orang, memungkinkan dan menginspirasi generasi inovator berikutnya.   

Efison juga spesialis dalam jasa sistem integrasi pembangunan infrastruktur komputer. Mulai dari server hingga komputer pribadi, merancang dan menerapkan solusi sistem TI agar sesuai dengan kebutuhan komputasi para pengguna. (N-1)

 

Baca Juga

Dok Razer

Lima Hal yang Patut Diketahui Saat Memilih Power Bank

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 15:00 WIB
Power bank atau pengisi daya ponsel portable kini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka yang punya mobilitas...
Dok Infinix

Infinix Note 12 Smartphone Multitasking Ramah Dompet

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 26 Juni 2022, 14:48 WIB
Aktivitas sibuk tentu membutuhkan pendukung terbaik. Infinix pun mencoba menjawab beragam aktivitas anak muda dengan smartphone yang...
AFP/Lionel BONAVENTURE

Instagram Uji Fitur Verifikasi Usia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:45 WIB
Ketika pengguna terdeteksi sebagai remaja, usia 13-17 tahun, Instagram secara otomatis akan memberikan mereka akun privat atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya