Rabu 28 Juli 2021, 19:00 WIB

Jual Karya Seni Bisa Melalui Teknologi Blockchain

Budi Ernanto | Teknologi
Jual Karya Seni Bisa Melalui Teknologi Blockchain

DOK IST
NFT menjadi idola baru di dunia cryptocurrency.

BANYAK orang di Tanah Air pasti sudah tahu soal blockchain, teknologi yang digunakan di cryptocurrency.

Teknologi tersebut terbilang sangat tepat untuk menghindarkan setiap data yang disimpan dari kejahatan pemalsuan maupun pencurian data. Secara umum, Non-fungible Token, atau yang lebih dikenal dengan NFT merupakan suatu teknologi blockchain.

Semua aset digital, bisa disertakan dengan data maupun copyright. Sehingga semua pemilik gambar, foto, video, maupun karya virtual lainnya, bisa menyimpan data-data yang dimiliki berkaitan dengan karyanya tersebut, ke dalam sebuah buku besar, bernama blockchain.

“Apa itu NFT? Non-fungible token atau disebut NFT, adalah aset digital unik yang hidup di internet dan dikelola dengan distributed ledger technology (DLT). Aset-aset digital ini memiliki nilai tertentu, lengkap dengan sertifikat keasliannya yang permanen yang tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, meskipun ada secara online, aset tersebut tidak akan pernah bisa digandakan”, ujar Jimmy Saputra, selaku CEO PT Tiga Token Digital.

Kini NFT telah digunakan dalam sebuah marketplace khusus penjualan karya-karya dari para seniman, content creator, digital art dan yang lainnya. Salah satunya ialah Neftipedia, yang berada di bawah naungan PT Tiga Token Digital.

Baca juga: Cryptocurrency dan Blockchain Bisa Jadi Masa Depan Sistem Pembayar

Dikutip dari akun @neftipedia di Instagram, melalui Neftipedia, para seniman dan pelaku seni, diberi kebebasan untuk memasarkan karya mereka dengan pasaran yang lebih luas lagi. Bahkan bisa menjangkau kawasan negara-negara di dunia. Karya-karya tersebut bisa berupa gambar, video, foto, maupun karya visual lainnya.
 
Selain itu sebagai marketplace NFT pertama di Indonesia, Neftipedia yang bisa diakses via neftipedia.com juga memberikan penawaran yang menarik lainnya.

Diantaranya yaitu, setiap seniman yang memasarkan karyanya di marketplace akan diberikan kesempatan untuk mentokenisasi karya mereka, sehingga bisa menjadi lebih otentik.

Neftipedia sendiri memberikan banyak pilihan media artworks yang bisa ditokenisasi. Seperti gambar digital, video, GIF, hingga barang-barang koleksi, Bahkan ke depannya, Neftipedia juga berencana untuk memasukkan kategori fashion, musik, kendaraan, dan properti. (R-3)

Baca Juga

dok.yamisok

Yamisok Gandeng Oxtrade Gelar Tournament e-sport Berhadiah Rp500 Juta

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 23 September 2021, 09:22 WIB
YAMISOK bekerjasama dengan Oxtrade mengadakan event tournament berhadiah total Rp500...
MI/Dok Indosat Ooredoo

Dukung Gaya Hidup Digital, Indosat Ooredoo Hadirkan IMGaming

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 07:45 WIB
Platform itu dirancang untuk memberikan pengalaman bermain gim yang unik dan seru bagi pelanggan, yang siap memenuhi semua kebutuhan gaming...
MI/Dok. Dicoding

Rizky Adi, Lens Creator Pertama Asal Indonesia di Snap Lens Network

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 07:00 WIB
Rizky merupakan salah satu pemenang IDCamp Developer challenge pertama yang diselenggarakan bersama Indosat, April...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya