Minggu 06 Juni 2021, 23:00 WIB

Payment Gateway Makin Diminati, Bayarind Beri Solusi Terintegrasi

Ghani Nurcahyadi | Teknologi
Payment Gateway Makin Diminati, Bayarind Beri Solusi Terintegrasi

Ilustrasi
Ilustrasi payment gateway

SEJALAN perkembangan teknologi digital yang pesat dan penerapan sistem pembayaran online, istilah Payment Gateaway sering disebut dalam dunia ekonomi digital.

Payment Gateway merupakan sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran langsung bagi penjual dalam melakukan aktivitas transaksi elektronik.

Biasanya, sistem ini digunakan dalam e-commerce oleh toko online terpercaya.

Payment Gateaway dapat dikatakan sebagai perantara bisnis online dengan bank atau lembaga non-bank dalam menyediakan pembayaran online bagi konsumen.

Singkatnya, sistem ini akan meneruskan informasi pembayaran yang dilakukan konsumen ke lembaga keuangan terkait dan menerima respon balik yang nantinya akan menjadi dasar toko online dalam memberikan ijin pada konsumen untuk melanjutkan transaksi.

Walaupun proses otorisasi yang dilakukan cukup kompleks, namun waktu yang dibutuhkan relatif singkat dengan langkah yang cukup sederhana. Hal ini disebabkan oleh sistem Payment Gateaway yang terintegrasi secara online dan memang memudahkan proses transaksi. Dengan berbagai keuntungan yang aman, mudah dan cepat ini, bisnis online pun diharapkan dapat meningkat.

Melihat besarnya manfaat Payment Gateaway bagi masyarakat, maka salah satu ekosistem pembayaran digital Indonesia, yakni Bayarind menghadirkan Payment Gateaway sebagai salah satu layanan yang ditawarkan. Melalui layanan ini, masyarakat maupun bisnis di Indonesia diharapkan dapat terfasilitasi secara mudah dan sehat, terutama dalam bertransaksi digital.

“Layanan Payment Gateaway dari Bayarind sudah ada sejak 2010, terdaftar di Bank Indonesia dan memiliki sertifikasi Payment Card Industry-Data Security Standard (PCI-DSS), yakni standar wajib bagi keamanan data pelanggan dalam berbagai aktifitas jual beli,” ujar Setyo Harsoyo, CEO PT Sprint Asia Technology yang menaungi Bayarind dalam keterangannya,

Layanan Payment Gateaway dari Bayarind memiliki sejumlah fitur yang siap membantu fokus pertumbuhan bisnis para penggunanya. Pertama, Single Integration yang memungkinkan pembayaran pada bisnis terintegrasi secara optimal dengan saluran pembayaran online pilihan, seperti kartu kredit, kartu debit, e-money, dan lainnya.

Baca juga : Atasi Permasalahan Kontainer, Aplikasi Tollaut.id Diluncurkan

Berikutnya adalah One Pay, yaitu layanan yang dirancang dengan opsi integrasi saluran pembayaran yang bisa dibangun sesuai keinginan. Selanjutnya adalah Easy Invoice yang memudahkan pelanggan melakukan pembayaran melalui payment link yang dikirimkan melalui email, SMS maupun Whatsapp.

Setyo menjelaskan, layanan Payment Gateaway Bayarind sudah digunakan oleh 3000 merchant dan beberapa di antaranya merupakan Top 10 e-commerce. Hal ini disebabkan oleh keunggulan Bayarind yang memudahkan proses integrasi serta mempercepat saluran pembayaran, akses laporan yang lengkap dan terbarukan, pemantauan setiap saat serta keamanan berstandar tinggi. 

“Kami juga dilengkapi dengan fraud detection system dan Bayarind Web atau e-wallet,” katanya.

Penggunaan Payment Gateaway Bayarind dapat menguntungkan semua pihak, baik pembeli maupun penjual dalam aktivitas e-commerce. Keamanan pembayaran menjadi faktor keuntungan utama bagi pembeli, sedangkan efisiensi dan efektifitas kinerja toko online jelas akan menguntungkan penjual. 

"Bagi pegiat bisnis, sistem Payment Gateaway Bayarind mampu memberikan rincian transaksi yang lebih akurat dan tepat, sehingga membantu mereka dalam membuat laporan keuangan untuk bisnisnya," pungkas Setyo. (RO/OL-7)

Baca Juga

Tangkapan layar raker Ikatan Auditor Teknologi Indonesia

Sistem Digitalisasi Saat Pandemi Jadi Tantangan Auditor Teknologi

👤Siswantini Suryandari 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 15:55 WIB
Pandemi telah mempercepat contactless system dalam sistem perindustrian dan perdagangan.Hal ini menjadi tantangan bagi auditor teknologi...
Dok. Helo

Aplikasi Ini Sediakan Fitur untuk Mengembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 00:01 WIB
Di Helo, media sosial terintegrasi untuk hiburan dan informasi terkini, pengguna dapat menambahkan minat untuk menggali potensi...
Ist

Aplikasi Myfitsociety Hadirkan Rangkaian Fitur Kesehatan Mental

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 17:22 WIB
Laporan Global Risks Report 2021 yang diterbitkan World Economic Forum (WEF) menyatakan 80% anak muda di seluruh dunia tercatat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya