Rabu 12 Mei 2021, 12:05 WIB

Bukalapak Waspadai Kejahatan Siber saat Transaksi Online Tinggi

Insi Nantika Jelita | Teknologi
Bukalapak Waspadai Kejahatan Siber saat Transaksi Online Tinggi

dok.mi
Kejahatan siber menjelang Labaran harus diwaspadai karena traffic tinggi.

 

CHIEF Executive Officer (CEO) Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengungkapkan, di sejumlah momen seperti saat Ramadan dan menjelang Lebaran, harus mewaspadai kejahatan siber dalam transaksi online di e-commerce atau lainnya.

"Seperti sekarang ini, saat aktivitas transaksi online cenderung meningkat, ada risiko terjadinya upaya kejahatan siber yang dihadapi oleh siapa saja, tidak hanya pengguna e-commerce," ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu (12/5).

AVP Customer Satisfaction Management Bukalapak Tine Ervina mengklaim, pihaknya memiliki sistem perlindungan yang berlapis, sehingga akses terhadap data-data pengguna dikatakan akan aman.

Dia menyampaikan, Bukalapak juga bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam usaha melindungi data pengguna.

"Hal ini juga untuk menindaklanjuti para penjahat siber dan mengurangi adanya penipuan yang terjadi di Bukalapak," jelas Tine.

Menurutnya, jika pengguna aplikasi Bukalapak menemukan aksi yang janggal, segera laporkan ke BukaBantuan supaya terhindar dari aksi kejahatan lebih jauh.

Sementara, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel A. Pangerapan menjelaskan, pemerintah menyokong strategi dalam menghadapi risiko keamanan data melalui tiga pilar, yakni pemberdayaan SDM dengan cara mengedukasi untuk meningkatkan literasi digital para pengguna.

Berikutnya, menciptakan regulasi yang komprehensif terkait perlindungan keamanan bertransaksi daring yang dijamin beberapa instrumen hukum, dan menyokong implementasi aspek-aspek teknis seperti penerapan Indeks Keamanan Informasi, klarifikasi kasus keamanan data dan lainnya. "Serta penindakan hukum terhadap kasus-kasus keamanan data,” tutupnya. (OL-13)

Baca Juga: Penting, Melindungi Akun Pribadi saat Berselancar di Dunia Maya

Baca Juga

 Chris Delmas / AFP

Apple Siapkan iPhone Sebagai Alat Pembayaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 16:50 WIB
Apple merencanakan layanan baru, yang akan menjadikan iPhone sebagai mesin pembayaran tanpa harus tersambung ke perangkat keras...
Ist

Aplikasi Trevo Bidik Para Wisatawan Berkunjung ke Bali Saat Liburan Imlek

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:38 WIB
Dengan beberapa ketukan aplikasi, para user Trevo bisa memesan mobil sesuai kebutuhan dan anggaran, bisa memilih mobil lepas kunci...
 Ozan KOSE / AFP

Aplikasi Pintu Dukung Pembentukan Bursa Kripto Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 13:27 WIB
Jika rencana pembentukan bursa terealisasi pada tahun 2022, bursa ini akan menjadi yang pertama di dunia yang diregulasi oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya