Kamis 11 Februari 2021, 05:30 WIB

Diduga Penipuan, Kominfo Blokir TikTokcash

Mediaindonesia.com | Teknologi
Diduga Penipuan, Kominfo Blokir TikTokcash

AFP/VALERIE MACON
Gedung TikTok di Culver City, California. TikTok membantah tidak terkait dengan TikTokcash.

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika menyatakan memblokir situs Tiktokcash, yang menjanjikan uang setelah menonton video di platform TikTok.
  
"Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap situs tiktokecash.com. Media sosial Tiktokcash juga sedang dalam proses blokir," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi. Rabu (10/2).

Kominfo menyebut alasan pemblokiran sebagai transaksi elektronik yang melanggar hukum. Situs tiktokecash.com masih bisa diakses siang ini, pengelola situs dalam notifikasi yang muncul di laman utama mengatakan mereka mendapat "serangan/berita palsu" setelah mendulang popularitas.
 
Pengumuman tersebut, mengatasnamakan Tiktokcash Asia Pasifik, menyatakan sedang berkoordinasi dengan penegak hukum untuk kasus ini. Situs Tiktokcash menawarkan sejumlah uang kepada pengguna setelah menonton video di platform video singkat TikTok.
  
Situs tersebut mengklaim sebagai platform yang menghubungkan pengguna Tiktok dengan ekonomi selebriti internet. Sebelum mendapatkan uang, pengguna internet harus mendaftar ke situs tersebut antara lain dengan menyertakan nomor ponsel dan alamat email.

baca juga: Tiktok, Etalase Terkini Musik Lokal
   
Tiktokcash menawarkan paket keanggotaan seperti pekerja ementara" seharga Rp89.000 dengan masa berlaku delapan hari hingga general manajer seharga Rp49.999.000 masa berlaku 365 hari. Pimpinan komunikasi TikTok Indonesia, Catherine Siswoyo menegaskan situs tersebut tidak berafiliasi dengan platform TikTok.
  
"Baru-baru ini, kami mengetahui bahwa ada situs web yang menggunakan nama TikTok dan meminta uang dari pengguna. Situs web ini sama sekali tidak terafiliasi dengan TikTok. Kami tidak akan dan tidak pernah meminta uang dari Anda," kata Catherine.
  
TikTok meminta pengguna mereka berhati-hati terhadap tawaran seperti itu. (Ant/OL-3)
 

Baca Juga

Dok.Oppo

Gandeng Hans Zimmer untuk Komposisikan Nada Oppo Find X3 Pro 5G

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 16:30 WIB
Menyadari kekuatan suara bagi kehidupan dan bagaimana suara merupakan komponen penting dalam smartphone terbaru Oppo Find X3 Pro 5G, Oppo...
Dok.

10 Aplikasi Edit Video Gratis untuk Smartphone

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 10 Mei 2021, 06:00 WIB
Berikut ini adalah 10 aplikasi edit video terbaik untuk smartphone Android dan iPhone yang memungkinkanmu memiliki studio produksi dalam...
Medcom.id

7 Aplikasi Download Lagu Gratis di Ponsel

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 10 Mei 2021, 01:00 WIB
Kamu bisa menggunakan aplikasi download lagu dan memutar musik selama berjam-jam tanpa membutuhkan jaringan internet. Berikut daftar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya