Selasa 28 Juni 2022, 19:40 WIB

Borneo FC dan Barito Putera Segel Tiket Delapan Besar

Dhika kusuma winata | Sepak Bola
Borneo FC dan Barito Putera Segel Tiket Delapan Besar

DOK. PIALA PRESIDEN 2022
Gelandang Barito Putera Frank Sokoy (kanan) mendapat kawalan dari pemain Borneo FC Terens Puhiri

 

DUA TIM Kalimantan yakni Borneo FC dan PS Barito Putera menyegel dua tiket terakhir babak perempat final Piala Presiden 2022. Borneo tampil sebagai juara Grup B usai menundukkan RANS Nusantara FC pada laga penyisihan terakhir 3-0 di Stadion Segiri, Samarinda, Selasa (28/6) petang.

Borneo FC memupuskan asa RANS Nusantara untuk bisa melaju ke babak delapan besar. Hanya membutuhkan hasil imbang di laga itu, RANS justru kebobolan tiga gol tanpa balas. Babak pertama skor bertahan 0-0 namun Antonio De Sousa Santos memecah kebuntuan di menit ke-51 bagi Borneo.

Stefano Lilipaly menggandakan keunggulan melalui eksekusi penalti di menit ke-65. Jelang laga usai, Borneo mengunci kemenangan 3-0 lewat gol kedua Lilipaly.

"Babak pertama pertandingan berjalan sulit dan setelah jeda baru kita bisa bermain bagus. Beruntung di babak pertama mereka tak mencetak gol lalu di babak kedua kami mulai mendominasi," kata pelatih Borneo, Milomir Seslija, seusai laga.

"Malam ini pemain menunjukkan karater yang baik secara individual maupun secara tim," imbuhnya.

Atas hasil itu, Borneo memimpin klasemen Grup B dengan koleksi 10 poin dari empat laga ditemani Barito Putera sebagai runner up dengan enam poin. Adapun RANS finis di urutan ketiga terpaut satu poin di bawah Barito.

Baca juga: Ricky Kambuaya Tidak Kesulitan Lakukan Adaptasi Di Persib

Pelatih RANS, Rachmad Darmawan, mengakui tim tuan rumah bermain lebih baik. Dia menilai skuadnya sudah berjuang maksimal meski ada sejumlah catatan. Rachmad menilai tim harus lebih sabar lagi. Ia menepis kekalahan RANS lantaran faktor kelelahan setelah pertandingan amal trofeo Ronaldinho dua hari sebelumnya.

"Di awal permainan kami praktis mampu mengatur ritme tapi setelah break semua berubah. <ulai ada emosi yang terpancing sehingga konsentrasi terganggu tapi kami secara umum bisa menanganinya," ucapnya.

Tim-tim yang lolos sebagai juara grup memiliki keuntungan akan berlaga sebagai tuan rumah di babak delapan besar. Borneo akan menjamu runner up Grup D yakni PSM Makassar pada Minggu (3/7). Meski akan kembali bermain di kandang, Seslija menilai di sisi lain PSM diuntungkan dengan waktu istirahat yang lebih banyak.

"PSM banyak pemain baru dan tim yang berbahaya. Kami harus istirahat dulu dan nantinya harus mematangkan taktik karena mereka (PSM) punya kualitas," ujarnya.

Pada babak perempat final, Persib Bandung sebagai juara Grup C akan menjamu PSS Sleman pada Jumat (1/7). PSS lolos sebagai runner up Grup A usai mengalahkan Dewa United di laga terakhir.

Pada Sabtu (2/7), Arema FC yang keluar sebagai juara Grup D akan berhadapan dengan Barito Putera. Sementara itu, PSIS Semarang sebagai juara grup A akan menjamu Bahayangkara FC pada Minggu (3/7). Di babak delapan besar itu, sistem pertandingan berlaku tunggal. Pemenangnya akan lolos ke semifinal yang dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. (OL-4)

Baca Juga

AFP

PSG Sebut Paredes Banjir Peminat

👤Ant 🕔Senin 15 Agustus 2022, 23:28 WIB
Galtier mengakui Paredes kemungkinan besar bakal pindah dari...
AFP

Barcelona Pagari Aubameyang Rp450 Miliar

👤Ant 🕔Senin 15 Agustus 2022, 23:01 WIB
Chelsea diketahui sedang mencari striker baru setelah mereka menjual Timo Werner ke RB...
Antara

PSM Petik Kemenangan dari RANS Nusantara

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:49 WIB
Berkat hasil itu, PSM di klasemen sementara naik ke peringkat tiga dengan mengemas 10...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya