Jumat 06 Mei 2022, 21:29 WIB

Takluk 0-3 Dari Vietnam, Langkah Timnas U-23 Ke Semifinal Hadapi Tembok Terjal

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Takluk 0-3 Dari Vietnam, Langkah Timnas U-23 Ke Semifinal Hadapi Tembok Terjal

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pemain timnas U-23, Saddil Ramdani (kanan) berusaha mengejar bola saat menghadapi Vietnam, Jumat (6/5). Indonesia kalah 0-3.

 

LINI pertahanan tim nasional Indonesia U-23 menjadi sorotan saat meladeni tuan rumah Vietnam di laga perdana fase grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021, Jumat (6/5). Skuad Garuda takluk tiga gol tanpa balas.

Tiga gol tuan rumah dicetak memanfaatkan celah di lini pertahanan skuad asuhan Shin Tae-yong. Serangan Golden Star Warriors, julukan Vietnam, di sisi kanan dan kiri membuat pertahanan Indonesia kesulitan sejak menit awal pertandingan.

Di babak pertama, tuan rumah tampil lebih mendominasi. Namun kedua tim terlihat masih hati-hati dalam melancarkan serangan.

Di babak kedua, Vietnam menekan sejak peluti dibunyikan. Tuan rumah akhirnya mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-54. Linh Nguyen Tien yang berhasil mencatat namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan tarik di depan gawang.

Tien Linh kembali menjadi bintang dalam laga itu. Dia memberi assist untuk kapten timna U23 Vietnam, Hung Dung Do yang dimanfaatkan menjadi gol di menit ke-74.

Penderitaan Indonesia bertambah di menit ke-86. Adi Satrio tak mampu membendung tembakan Le Van Do yang terhalang pergerakan Facruddin Aryanto. Keunggulan Vietnam 3-0 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat timnas Indonesia gagal membalas kekalahan telak dari Vietnam pada final SEA Games 2019. Indonesia saat itu juga kalah tiga gol tanpa balas sehingga harus puas membawa pulang medali perak dari SEA Games 2019 Filipina.
Kekalahan itu membuat timnas U-23 Indonesia kini tertahan di peringkat keempat klasemen Grup A SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda ada di atas Timor Leste yang terpuruk di dasar klasemen atau peringkat kelima Grup A setelah kalah 0-4 dari Filipina.

Kekalahan dari Vietnam membuat Indonesia harus menyapu bersih kemenangan di tiga laga selanjutanya jika ingin menjaga peluang lolos ke semifinal. Indonesia selanjutnya akan menghadapi Timor Leste (10/5), Filipina (13/5), dan Myanmar (5/5). (OL-15)

Baca Juga

AFP

MU Buka Pintu Wan-Bissaka Hengkang Akhir Musim

👤Ant 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:53 WIB
Ia mulai kalah saing dari Diogo Dalot di bawah pelatih sementara Ralf...
AFP

Divock Origi Hengkang ke Milan Akhir Musim

👤Ant 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:41 WIB
Origi sedang menunggu untuk menjalani tes medis sebelum menandatangani...
AFP

Beli Rumah di Milan, Dybala Bakal Merapat Ke Inter Milan?

👤Widhoroso 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:06 WIB
PAULO Dybala dilaporkan sudah membeli tempat tinggal baru di kota Milan yang berdekatan dengan markas Inter...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya