Minggu 10 April 2022, 11:25 WIB

Shaktar Donetsk Mulai Gelar Tur Perdamaian

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Shaktar Donetsk Mulai Gelar Tur Perdamaian

AFP/ANGELOS TZORTZINIS
Para pemain Shakhtar Donetsk mengenakan bendera Ukraina di bahu mereka menjelang laga persahabatan melawan Olympiakos.

 

MENGENAKAN jersey yang menampilkan nama kota-kota Ukraina yang melakukan perlawanan terhadap invasi Rusia serta slogan berbunyi 'Stop War', Shakhtar Donetsk berhadapan dengan Olympiakos, Sabtu (9/4), saat tim Ukraina itu melakukan lawatan pertama dalam Tur Sepak Bola untuk Perdamaian mereka.

Sekitar 5 ribu penonton, termasuk beberapa ratus penonton asal Ukraina menonton laga yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Olympiakos.

Dengan tiket dijual seharga 10 euro, seluruh keuntungan dari penjualan tiket itu akan disumbangkan untuk membantu jutaan warga Ukraina yang melarikan diri dari negara mereka.

Baca juga: Johnson Tinjau Kiev Didampingi Zelensky

Mainan, yang akan disumbangkan kepada anak-anak pengungsi, diletakkan di ratusan kursi di dalam Stadion Karaiskaki.

Namun, laga itu diboikot oleh kelompok pendukung Olympiakos, Gate 7.

"Perang yang telah dimulai sejak 2014 telah distigmatisasi oleh kejahatan yang dilakukan kedua belah pihak dan harus segera dihentikan. Keterkaitan kami dengan tim lain tidak boleh kami memihak pihak mana pun dalam perang itu," tegas Gate 7 dalam pernyataan remsi.

Meski begitu, kedua tim menggarisbawahi pentingnya laga persahabatan itu.

"Kami sangat bangga menggelar laga ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai perang di Ukraina. Kami menggunakan sepak bola untuk perdamaian," ujar Direktur Olahraga Olympiakos Christian Karembeu.

"Kami ingin bebricara mengenai perang dan damai di Ukraina lewat laga ini. Kebutuhan untuk mengakhiri kegilaan dan kembali ke kehidupan normal sangat tinggi," timpal General Manager Shakhtar, Sergei Palkin.

Sebelum pertandingan, dilakukan mengheningkan cita bagi korban perang di Ukraina. Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias, yang hadir dalam pertandingan itu, mengatakan sangat penting melihat tur perdamaian klub Ukraina itu dimulai di Yunani.

"Malam ini, kami mengirimkan pesan melawan perang," ujar Direktur Komunikasi Oympiakos Nikos Gavalas.

Shakhtar akan melanjurkan tur perdamaian mereka di Gdansk melawan Lehya pada 14 April, di Istanbul melawan Fenerbahce pada 19 April, dan melawan Hajduk di Split pada 1 Mei. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Berpengalaman Di Dunia Olah Raga, Erick Thohir Paling Tepat Pimpin PSSI

👤Widhoroso 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:02 WIB
NAMA Erick Thohir dinilai sebagai figur yang paling pantas untuk memimpin sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia...
Antara

Menpora: Perusakan Bus Persis Solo dan Kantor Arema FC Harus Ditindak Tegas

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 30 Januari 2023, 18:56 WIB
Menpora Zainudin Amali berharap penegak hukum terus mencari otak di balik aksi pelemparan batu bus Persis Solo, hingga perusakan kantor...
ANTARA FOTO/Unggul Prabowo

Komnas HAM Selesaikan Penyelidikan Tragedi Kanjuruhan

👤Mediaindonesia 🕔Senin 30 Januari 2023, 18:25 WIB
Laporan tersebut diberikan guna mendukung proses penegakan hukum yang transparan, akuntabel dan memenuhi rasa keadilan, khususnya bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya