Jumat 25 Maret 2022, 09:53 WIB

Kalah dari Makedonia Utara, Italia tak Lolos Piala Dunia 2022

mediaindonesia.com | Sepak Bola
Kalah dari Makedonia Utara, Italia tak Lolos Piala Dunia 2022

AFP/ALBERTO PIZZOLI
Reaksi pemain Italia Joao Pedro usai dipastikan tak lolos Piala Dunia 2022

 

ITALIA tersingkir di play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 usai dikalahkan Makedonia Utara 0-1 di Stadio Renzo Barbera. Juara Piala Eropa (Euro) itu pun dipastikan tak lolos ke Piala Dunia 2022.

Seturut catatan laman resmi FIFA, tim tamu berhasil mencetak gol secara dramatis berkat tendangan Aleksandar Trajkovski beberapa menit sebelum laga bubar. Kemenangan ini membuat Makedonia Utara melaju ke final play-off dan menghadapai Portugal yang sukses menyingkirkan Turki dengan skor 3-1.

Italia tampil agresif sejak awal. Meski mendominasi, tuan rumah kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Italia mendapat peluang pada menit ke-30. Kiper Makedonia Utara Stole Dimitrievski melakukan kesalahan dengan memberikan bola kepada Domenico Berardi, tetapi tendangannya masih terlalu lemah dan bisa dihentikan kiper Stole Dimitrievski.

Italia terus menggempur pertahanan Makedonia Utara. Marco Verratti menyodorkan bola kepada Ciro Immobile yang kemudian diselesaikan dengan tembakan kaki kiri. Namun, Dimitrievski masih bisa menepisnya.

Lorenzo Insigne melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola ditepis oleh Dimitrievski dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Italia.

Makedonia Utara bukan tanpa peluang. Bardi memberikan umpan terobosan kepada Trajkovski yang kemudian diteruskan dengan tendangan ke gawang. Sayang bola masih bisa diantisipasi oleh Donnarumma. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Baca juga: Mancini Akui Persiapan Italia Minim

Di awal babak kedua, Italia masih kesulitan membongkar pertahanan Makedonia Utara. Beberapa upaya Italia kerap diblok barisan pertahanan tim tamu. Berardi mendapat sejumlah peluang, tetapi tidak membuahkan gol. Salah satu tembakannya masih mengarah ke kiper Makedonia Utara.

Kegagalan Italia memanfaatkan peluang-peluang itu akhirnya harus dibayar mahal oleh mereka karena tim tamu sukses mencetak gol di masa injury time atau tepatnya menit ke-90+2.

Berawal dari tendangan gawang, pemain Makedonia Utara memenangi duel udara di lapangan tengah dan bola jatuh ke kaki Trajkovski yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti hingga gagal dijangkau oleh Donnarumma. Skor menjadi 1-0.

Italia mencoba melancarkan serangan untuk menyamakan kedudukan, tetapi Makedonia Utara sukses mempertahankan keunggulannya sampai peluit panjang dibunyikan.(Ant/OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Hadapi PSM Makassar, Borneo FC Matangkan Lini Depan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:55 WIB
Bukan tanpa alasan Matheus Pato dkk mengasah penyelesaian akhir. Sebab calon lawan memiliki pertahanan cukup baik sejauh...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

Stadion Patriot Candrabhaga Jadi Venue Laga Indonesia-Vietnam

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 16:05 WIB
Saat ini stadion yang menjadi homebase dari klub Persipasi Kota Bekasi telah ditetapkan menjadi venue atas event-event besar seperti AFF...
Isabella BONOTTO / AFP

AC Milan Perpanjang Kontrak Paolo Maldini

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 10:45 WIB
AC Milan mengumukan bahwa Paolo Maldini akan kembali menjadi Direktur teknik untuk Rossoneri -julukkan AC Milan- hingga 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya