Kamis 10 Februari 2022, 10:30 WIB

Siksa Kucing Peliharaan, Zouma Didenda Klub dan Kehilangan Sponsor

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Siksa Kucing Peliharaan, Zouma Didenda Klub dan Kehilangan Sponsor

AFP/Glyn KIRK
Bek West Ham United Kurt Zouma

 

WEST Ham United, Rabu (9/2), mendenda Kurt Zouma dengan denda maksimal karena menyiksa kucing peliharaannya saat lembaga amal RSCPA menyita dua kucing milik bek asal Prancis itu.

Pemain belakang berusia 27 tahun itu juga kehilangan kontraknya dengan produsen alat olahraga Adidas karena video yang menampilkan dirinya memukul, menampar, dan menendang kucing peliharaannya.

Organisasi kesejahteraan binatang RSCPA menyebut video itu sangat mengerikan dan kini memimpin penyelidikan bersama polisi.

Baca juga: West Ham Susah Payah Tekuk Tim Gurem Kidderminster Harriers

Sekitar 20 ribu orang telah menandatangani petisi daring meminta Zouma didakwa seiring kemarahan publik memuncak akibat ulah pesepak bola itu.

West Ham, Rabu (9/2), merilis pernyataan bahwa Zouma telah tunduk kepada RSCPA termasuk menyerahkan dua kucing peliharaannya untuk diperiksa.

"Kurt sangat menyesal dan seperti semiua yang ada di klub ini menyadari kemarahan terkait insiden itu dan petlunya diambil tindakan," ujar West Ham.

"Terpisah dari penyelidikan RSCPA dan menunggu sanksi lebih lanjut, West Ham memastikan Kurt Zouma telah didenda dengan denda maksimal terkait video yang viral tersebut."

"Sang pemain menerima hukuman denda itu dan meminta agar uang denda itu disumbangkan ke yayasan kesejahteraan binatang," lanjut the Gunners.

Denda yang diterima Zouma disebut sebesar 250 ribu pound sterling karena aturan di Liga Primer Inggris menetapkan denda maksimal terhadap pemain adalan sebesar dua pekan gaji.

Dikecam

Selepas insiden itu, Zouma masih dimainkan oleh pelatih David Moyes saat West Ham menang 1-0 atas Watford, Rabu (9/2).

Moyes mengaku dirinya adalahpecinta binatang namun keputusannya untuk tetap memainkan Zouma adalah yang terbaik untuk West Ham, yang saat ini menduduki peringkat empat klasemen Liga Primer Inggris.

Sepanjang pertandingan, Zouma merasakan kecaman atas aksinya dengan pendukung Watford mencemoohnya sepanjang pertandingan. Bahkan, pendukung West Ham ikut mencemooh bek mereka tersebut.

Reaksi di Prancis juga keras terkait aksi Zouma.

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis FFF Noel Le Graet mengaku terkejut dengan aksi pemain belakang.

"Aksi bodoh, menjijikan, dan kejam itu mengejutkan karena saya tidak pernah mendengar pernyataan buruk mengenai Kur Zouma. Dia dikenal sebagai pemain yang sangat menghargai orang lain," ujra Le Graet.

Adapun aktivis hak binatang meminta agar Zouma tidak pernah dipanggil lagi ke timnas Prancis. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Lionel Messi Absen Masuk Nominasi Ballon d'Or 2022

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 10:54 WIB
LIONEL Messi harus membayar harga tinggi menyusul jebloknya penampilan di musim pertama bersama Paris Saint-Germain (PSG)....
MI/Bryambodo Hendro

PSSI Kucurkan Bonus Rp500 juta pada Timnas U-16 yang Juarai Piala AFF

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:20 WIB
KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya memberikan bonus sebesar Rp500 juta kepada tim nasional (timnas) U-16 yang berhasil...
MI/Seno

Barcelona bukan Manchester United

👤Suryopratomo Pemerhati Sepak Bola 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 07:15 WIB
Meski demikian, kepulangan Xavi bukanlah sebuah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya