Selasa 18 Januari 2022, 05:07 WIB

Aboubakar Cetak Gol Kelima di Piala Afrika Saat Kamerun Ditahan Cape Verde

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Aboubakar Cetak Gol Kelima di Piala Afrika Saat Kamerun Ditahan Cape Verde

AFP/KENZO TRIBOUILLARD
Penyerang Kamerun Vincent Aboubakar melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Cape Verde di laga Piala Afrika.

 

KAPTEN Kamerun Vincent Aboubakar mencetak gol kelimanya di ajang Piala Afrika dalam laga yang berakhir imbang 1-1 melawan Cape Verde, Senin (17/1) malam.

Penyerang yang bermain di Arab Saudi dan pada Sabtu (22/1) akan berulang tahun ke-30 membawa Kamerun memimpin sebelum pemain pengganti Garry Rodrigues membuat Cape Verde menyamakan kedudukan di laga di Yaounde itu.

"Kami berhasil menjadi juara grup, yang merupakan target kami. Meski kami berharap bisa memenangkan semua pertandingan," ujar pelatih Kamerun Toni Conceicao.

"Kami memiliki banyak peluang. Kami seharusnya bisa lebih baik lagi," lanjutnya.

Baca juga: Tunisia Hantam Mauritania di Laga Piala Afrika

Aboubakar menjadi pemain Kamerun pertama yang selalu mencetak gol di semua laga penyisihan grup Piala Afrika setelah Samuel Eto'o melakukan hal itu pada Piala Afrika 2008 di Ghana.

Kini, Aboubakar memimpin daftar pencetak gol terbanyak unggul jauh dari rival-rivalnya Karl Toko-Ekambi (Kamerun), Wahbi Khazri (Tunisia), Ibrahima Kone (Mali), dan Frank Mhango (Mali), yang masing-masing baru mencetak dua gol.

Rekor gol terbanyak di Piala Afrika dipegang oleh Ndaye Mulamba yang mencetak sembilan gol untuk Zaire (kini Republik Demokrasi Kongo), 48 tahun lalu.

Sementara itu, Burkina Faso menyusul Kamerun lolos ke babak 16 besar Piala Afrika dari Grup A setelah bermain imbang 1-1 dengan Ethiopia.

Cyrille Bayala membawa Burkina Faso memimpin namun Ethiopia menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Getaneh Kebede.

Kamerun lolos sebagai juara grup dengan raihan tujuh poin. Burkina Faso lolos dengan keunggulan head to head atas Cape Verde saat kedua tim sama-sama mengantongi empat poin. Ethiopia menjadi juru kunci dengan raihan satu poin.

Cape Verde, kini, menunggu apakah mereka bisa lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada.

Kamerun akan memainkan laga 16 besar di Yaounde melawan salah satu tim peringkat tiga pada 24 Januari, sehari setelah Burkina Faso berhadapan dengan runner-up Grup C di Limbe.

Jika Cape Verde melaju ke babak 16 besar, mereka akan bertemu dengan juara Grup B atau juara Grup C pada 25 Januari. (AFP/OL-1)

Baca Juga

CHRISTOF STACHE / AFP

Lewandowski Enggan Perpanjang kontrak dengan Muenchen

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:45 WIB
Lewandowski sudah berseragam Muenchen selama delapan tahun memenangi 17 trofi, termasuk delapan gelar...
JUSTIN TALLIS / AFP

Guardiola Optimistis Gelar Liga Inggris di Tangan City

👤 Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:48 WIB
Satu laga terakhir pada akhir pekan nanti akan menjadi babak penentu bagi tim asuhan Pep Guardiola mengejar titel liga keempat dalam lima...
AFP/Ian Kington

Manchester City Ditahan Tuan Rumah West Ham

👤Widhoroso 🕔Minggu 15 Mei 2022, 23:35 WIB
MANCHESTER City gagal meraih poin penuh saat ditahan 2-2 oleh West Ham dalam matchday ke-37 Liga Primer Inggris di London Stadium, Minggu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya