Senin 15 November 2021, 04:34 WIB

Lolos ke Playoff Piala Dunia, Makedonia Utara di Ambang Sejarah

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Lolos ke Playoff Piala Dunia, Makedonia Utara di Ambang Sejarah

AFP/Robert ATANASOVSKI
Para pemain timnas Makedonia Utara melakukan selebrasi usai memastikan tampil di babak playoff Piala Dunia.

 

TIMNAS Makedonia Utara di ambang sejarah untuk tampil perdana di Piala Dunia seusai masuk ke fase playoff kualifikasi zona Eropa.

Hal itu dicapai setelah Makedonia membukukan kemenangan 3-1 saat menjamu Islandia di laga pemungkas Grup J zona Eropa di Stadion Tose Proeski Arena, Skopje, Senin (15/11) dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Makedonia Utara finis di posisi kedua klasemen akhir Grup J dengan raihan 18 poin dan berhak mengikuti fase playoff zona Eropa, yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan.

Baca juga: Jerman Hajar Armenia di Kualifikasi Piala Dunia

Bek sayap Ezgjan Alioski membawa Makedonia memimpin, hanya tujuh menit selepas sepak mula, lewat tembakan sudut sempitnya menyelesaikan umpan terobosan Aleksandar Trajkovski.

Keunggulan Makedonia Utara bertahan hingga turun minum, tapi raib sembilan menit memasuki babak kedua saat Jon Dagur Thorsteinsson memanfaatkan situasi sepak pojok untuk melakukan sontekan jarak dekat demi membuat Islandia menyamakan kedudukan 1-1.

Makedonia Utara merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-65 melalui gelandang serang Eljaf Elmas yang menyambar bola muntah hasil tembakannya sendiri yang sempat dimentahkan kiper Elias Olafsson.

Upaya Islandia untuk bangkit kian menemui hambatan besar sebab mereka harus menuntaskan laga hanya dengan sepuluh pemain setelah Isak Bergmann Johannesson menerima kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Elmas.

Situasi timpang bisa dimanfaatkan Elmas, yang mencetak gol keduanya, empat menit jelang bubaran waktu normal, untuk mengunci kemenangan Makedonia Utara jadi 3-1 atas Islandia.

Islandia menempati peringkat kelima klasemen akhir Grup J dengan koleksi sembilan poin, sementara Makedonia Utara akan menanti siapa lawan mereka di babak semifinal fase playoff Maret mendatang. 

Apabila bisa mulus di fase playoff, Makedonia Utara bakal menorehkan sejarah tampil di putaran final Piala Dunia setelah tahun ini melakoni debut di ajang Piala Eropa 2020.

Dalam pertandingan Grup J lainnya, yang berlangsung bersamaan di Stadion Rheinpark, Vaduz, Rumania mengalahkan tuan rumah Liechtenstein dengan skor 2-0 berkat gol-gol Dennis Man dan Nicusor Bancu.

Namun, kemenangan itu jadi tidak berarti bagi Rumania, yang harus puas finis di urutan ketiga Grup J dengan 17 poin, tertinggal satu poin persis di bawah Makedonia Utara, sedangkan Liechtenstein tetap menjadi juru kunci dengan satu poin saja. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/HO/Humas PSSI

Pelatih Sebut Timnas Putri Menyerah dari Thailand karena Kalah Mental

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 06:45 WIB
"Kebanyakan dari mereka memang tidak pernah menghadapi pertandingan internasional seperti ini. Saya pikir kami mesti terus...
AFP/KENZO TRIBOUILLARD

Kamerun Harus Bekerja Keras untuk Kalahkan Comoros

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 05:08 WIB
Padahal, Comoros memainkan bek sebagai penjaga gawang setelah du kiper mereka dinyatakan positif covid-19 sementara penjaga gawang lainnya...
AFP/Isabella BONOTTO

Balotelli Kembali Dipanggil ke Timnas Italia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 25 Januari 2022, 04:45 WIB
Balotelli, yang terakhir kali membela timnas Italia pada September 2018, telah 36 kali membela Azzurri dan mencetak 14...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya