Minggu 24 Oktober 2021, 12:30 WIB

Askab PSSI Sikka Gelar Kursus Pelatih Lisensi D Nasional

Gabriel Langga | Sepak Bola
Askab PSSI Sikka Gelar Kursus Pelatih Lisensi D Nasional

MI/Gabriel Langga
Peserta kursus pelatih lisensi D nasional di Kabupaten Sikka.

 

MESKI dilanda pandemi covid-19, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Sikka kembali menggelar pelatihan pelatih berlisensi D nasional bagi calon pelatih sepak bola yang ada di Kabupaten Sikka. 

Kursus kepelatihan lisensi D nasional itu diikuti sekitar 30 calon pelatih yang berlangsung 24 sampai 31 Oktober 2021. 

Uniknya, instruktur kepelatihan ini menghadirkan legenda sepak bola nasional, Manrwal Iskandar, yang akan mentransferkan ilmunya kepada calon pelatih selama satu minggu di Stadion Gelora Samador.

Baca juga: Sultan Samma Dedikasikan Kemenangan Borneo FC bagi Korban Banjir Samarinda

Sekretaris Umum Asprov PSSI NTT Lambert Tukan memberikan apresiasi kepada Askab PSSI Sikka karena sejak usai dilantik langsung bergerak cepat dalam upaya peningkatan dan menghidupkan sepak bola di Kabupaten Sikka dengan menggelar kompetisi dan kursus kepelatihan pelatih ini.  

"Saya berikan apresiasi atas gebrakan Askab PSSI Kabupaten Sikka yang bergerak cepat demi kemajuan sepak bola di tanah ini," paparnya kala memberikan sambutan pada acara pembukaan yang berlangsung di hotel Permata Sari, Sabtu (23/10) malam.

Dia menuturkan, dalam sebuah organisasi olahraga, ada enam unsur utama yang selalu diperhatikan oleh setiap insan olahraga salah satunya adalah pelatih karena pemain yang baik dihasilkan dari pelatih yang baik. 

Untuk itu, kata dia, meski di tengah pandemi, Askab PSSI Sikka berani menggelar kursus kepelatihan guna menciptakan pelatih-pelatih berkualitas di Kabupaten Sikka ini. 

Sehingga, ia berharap 30 peserta yang mengikuti kursus kepelatihan lisensi D nasional bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai.

"Saya berikan apresiasi kepada kepengurusan Askab PSSI Sikka yang sudah menggelar kursus kepelatihan. Saya harap 30 peserta yang ikuti kegiatan agar bisa ikuti semua proses. Saya ingin semua peserta yang ikut kegiatan ini bisa lulus semua karena kalian adalah masa depan klub dalam melahirkan pemain-pemain andal," ujar Lamber Tukan.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Kabupaten Sikka Cherry Newar mengatakan kursus kepelatihan pelatih ini sudah menjadi programnya sejak dilantik menjadi ketua Askab PSSI Kabupaten Sikka. 

Sebab, bagi dia, hal yang paling utama dan pertama dalam membentuk pemain sepak bola adalah pelatih.

"Pelatih adalah salah satu kunci utama dalam pembinaan. Maka sebagai pelatih juga harus meningkatkan terus kualitasnya. Jadi pelaksanaan kursus lisensi kepelatihan ini adalah langkah awal dalam upaya meningkatkan kualitas para pelatih sepak bola di Kabupaten Sikka," papar dia.

Untuk itu, Cherry Newar mengharapkan semua peserta mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dengan baik sehingga bisa memberikan hasil yang baik juga dalam membimbing anak-anak didik mereka di masa depan.

"Kalian adalah pelatih aset Kabupaten Sikka. Ke depan tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk memajukan sepak bola di Kabupaten Sikka lebih baik lagi," jelasnya.

Setelah mengikuti kursus pelatih, dia berharap agar para peserta bisa melakukan pembinaan sepak bola di klubnya masing-masing sehingga bisa melahirkan atlet yang lebih berkualitas lagi. 

"Harapan saya, pelatih yang mengikuti kegiatan ini bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat. Jadi melatih bukan cuma berdasarkan pengalaman saja, tetapi sudah terstruktur," pungkas dia.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sikka Benediktus Lukas Raja menyampaikan kegiatan kepelatihan pelatih sepak bola ini merupakan kebangkitan sepak bola di Kabupaten Sikka. 

Menurut dia, sepak bola di Kabupaten Sikka dari waktu ke waktu masih dinamis. Yang mana kadang-kadang naik sebentar turun lagi bahkan ada yang stagnan.  

"Kegiatan kepelatihan pelatih ini ada gebrakan yang baru dengan sprit baru dalam upaya membangkitan sepak bola di Kabupaten Sikka. Jadi saya sebagai anggota DPRD Sikka memberikan apresiasi dalam kegiatan ini," ujar dia.

Dia pun berharap kepengurusan baru Askab PSSI Kabupaten Sikka ini harus menjadi tempatnya bersatu semua klub-klub yang ada di Kabupaten Sikka sehingga bisa membina anak-anak kita di seluruh kecamatan. 

Untuk itu, ia mengingatkan kepada para peserta yang mengikuti kursus kepelatihan bisa melatih anak-anak. 

"Kita jangan ikut kursus pelatih hanya mendapatkan sertifikat. Tetapi harus ada semangat baru untuk kembali ke klub masing-masing untuk membina anak-anak," pungkas dia. (OL-1) 

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Sejumlah Pemain Borneo FC Dipastikan Absen Kontra Persiraja

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:00 WIB
Pelatih Borneo FC Risto Vidakovic mengakui banyaknya pemain yang absen menjadikan laga kontra Laskar Rencong bukan pertandingan yang...
AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

Cedera, Benzema Terancam Absen Kontra Inter di Liga Champions

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 10:45 WIB
Benzema mengeluhkan rasa sakit di kaki kirinya dan penyerang Prancis itu menunjuk area di antara lutut dan...
AFP/JUSTIN TALLIS

Klopp Sebut Origi Pemain Legendaris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 07:00 WIB
Penyerang Belgia itu banyak mencetak gol penting selama tujuh tahun bermain untuk Liverpool namun tidak perah mendapatkan tempat reguler di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya