Senin 23 Agustus 2021, 18:50 WIB

Polri Resmi Terbitkan Izin Liga 1

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Polri Resmi Terbitkan Izin Liga 1

Dok.MI
Infografis

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menerbitkan izin pelaksanaan Liga 1 2021/2022. Hal itu disampaikan usai pertemuan yang digelar antara Kapolri dengan Menpora, Zainudin Amali, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/8).

"Berdasarkan hasil assessment laju pertumbuhan Covid-19, assessment situasi BOR (Bed Occupancy Rate), sehingga kemudian diberikan kelonggaran. Berdasarkan hasil assessment Kemenkes salah satunya melonggarkan kegiatan olahraga dengan berbagai macam pembatasan. Berdasarkan hasil assessment dan evaluasi PPKM, kami sepakat untuk memberikan persetujuan izin dilaksanakan penyelenggaraan Liga 1 dan 2," kata Listiyo, Senin (23/8).

Izin pelaksanaan langsung diserahkan Kapolri kepada Menpora Zainudin Amali. Dengan keluarnya izin pelaksanaan maka Liga 1 2021/2022 bisa dilangsungkan sesuai rencana yakni pada 27 Agustus 2021.

Listyo menegaskkan, penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 ini harus melaksanakan aturan protokol kesehatan yang ketat. Hal itutelah disetujui oleh PSSI dan para pemilik klub, baik di Liga 1 maupun Liga 2.

Baca juga: Persipura Tunggu Kepastian Jadwal Liga 1

"Kami juga minta disepakati juga dengan rekan-rekan suporter bola untuk penyelenggaraan kali ini kita kawal dilaksanakan dengan tanpa penonton," ujarnya.

Kesepakatan lainnya yakni para pemain dan ofisial yang akan berlaga juga harus sudah dua kali melaksanakan vaksinasi Covid-19. Lalu, satu hari sebelum pertandingan para pemain dan ofisial juga harus menjalani pemeriksaan atau tes PCR.

Sementara, Zainudin Amali mengatakan salah satu pertimbangan kompetisi sepak bola perlu digulirkan selain untuk memberikan tontonan ke masyarakat, pemerintah perlu menyiapkan pemain tim nasional untuk berlaga di Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar pada 2023.

"Aspirasi dari masyarakat supaya kegiatan sepakbola harus bisa digulirkan mereka yang ada di rumah juga butuh tontonan," kata Zainudin.

"Di samping itu bagi pemerintah khususnya kami ada kepentingan untuk pembentukan tim nasional. Kuta tahu tahun 2023 kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang tadinya digelar 2021 diundur 2023. Tentu kita butuh kompetisi untuk pembentukan timnas," lanjutnya. (OL-4)

Baca Juga

Twitter @GalatasaraySK

Galatasaray Datangkan Mertens dan Torreira

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:45 WIB
Dibekap utang besar dan anggaran belanja yang minim, Galatasaray terpuruk ke peringkat 13 klasemen Liga Turki musim...
Twitter @Everton

Everton Pinjam Coady dari Wolves

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:30 WIB
Kepindahan ini mengantarkan kapten Wolves itu kembali ke kota kelahirannya, delapan tahun setelah meninggalkan...
AFP/Isabella BONOTTO

Cedera, Szczesny Dipastikan Absen Tiga Pekan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:00 WIB
Szczesny mengalami cedera saat Juventus dibantai Atletico Madrid 4-0 dalam laga persahabatan, Minggu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya