Senin 14 Juni 2021, 06:55 WIB

Brasil Cukur Venezuela di Laga pembukaan Copa America 2021

Muhamad Fauzi | Sepak Bola
Brasil Cukur Venezuela di Laga pembukaan Copa America 2021

AFP/NELSON ALMEIDA
Neymar (kedua kanan) disambut rekan timnya usai cetak gol kedua Brasil dalam pertandingan perdana Copa America 2021, Senin WIB (14/6)

 

BRASIL mengawali laga di Grup B Copa America 2021 dengan kemenangan 3-0 atas Venezuela di Estadio Nacional de Brasilia, Brasil, Senin pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Neymar menjadi faktor kunci kemenangan tersebut dengan mencetak satu gol dan assist.

Tim tuan rumah tampil menyerang sejak awal pertandingan dengan menekan pertahanan Venezuela dari segala arah.

Meski terus-menerus menekan sejak awal, Brazil baru bisa mencetak gol di menit ke-23 yang berawal dari sepak pojok Neymar sebelum bola di sundul Richarlison dan mengarah ke Marquinhos, yang sukses menjebol gawang Venezuela. 1-0 Brazil memimpin.

Dua menit berselang, Brazil mampu menambah keunggulan melalui gol Richarlison. Namun, hakim garis menganulir gol itu karena menganggap pemain Everton tersebut sudah berada dalam posisi offside.

Venezuela beberapa kali mampu melawan balik, salah satunya ketika mereka membawa bola ke luar dari daerah permainan mereka. Namun, tidak banyak yang bisa diperbuat pemain Venezuela di wilayah pertahanan Brazil.

Neymar dan kawan-kawan sedikit mengendurkan serangan mereka menjelang akhir babak pertama dan situasi itu dimanfaatkan Venezuela untuk menciptakan beberapa peluang, tetapi tidak ada gol penyamakan kedudukan yang tercipta. Skor 1-0 untuk Tim Samba itu bertahan hingga babak pertama usai.

Anak asuh Adenor Leonardo Bacchi masih dominan di babak kedua. Beberapa ancaman dibuat, yang salah satunya saat Neymar terlambat menyambar bola umpan silang di depan gawang yang sudah kosong.

Brazil mendapat hadiah penalti setelah Yohan Cumana melanggar Danilo. Neymar maju sebagai eksekutor dan sukses membawa timnya unggul 2-0 di menit ke-64.

Venezuela berusaha keras untuk membuat perlawanan. Namun, permainan umpan-umpan pendek mereka untuk masuk ke kotak penalti lawan masih sering kali digagalkan oleh lini pertahanan tim tuan rumah.

Neymar hampir menambah keunggulan Brazil, sayangnya ia membuang peluang emas di menit ke-83 setelah melakukan umpan satu-dua dengan Gabigol. Bola tembakan pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu berhasil dihalau Joel Graterol.

Kedua pemain kembali melakukan kerja sama apik dan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-89. Neymar menggocek kiper dan mengirim umpan silang, yang diteruskan oleh Gabigol. Keunggulan 3-0 Brazil bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini membuat Brazil untuk sementara memimpin Grup B dengan tiga poin. Selepas ini berlangsung laga lainnya di grup yang sama antara Kolombia vs Ekuador. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Pelatih Rusia Siap Dikritik

 

Baca Juga

INA FASSBENDER / AFP

MU Capai Kesepakatan dengan Lokomotiv Moskow, Rangnick Resmi Hijrah

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 29 November 2021, 19:32 WIB
Dia setuju menjadi manajer MU dalam jangka pendek dengan syarat bahwa dia akan dipertahankan sebagai konsultan sepak bola MU hingga...
Ben STANSALL / AFP

Michael Carrick Kecewa MU Bermain Imbang Melawan Chelsea

👤 Akmal Fauzi 🕔Senin 29 November 2021, 14:29 WIB
Bertandang ke Stamford Bridge, Setan Merah –julukan Man United- tampil dalam tekanan pada awal babak pertama. Mereka kesulitan untuk...
AFP

Pioli Akui AC Milan Kurang Tajam

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 29 November 2021, 10:35 WIB
PELATIH AC Milan Stefano Pioli menyebut timnya kurang tajam dan banyak melakukan kesalahan saat takluk 1-3 dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya