Jumat 05 Maret 2021, 21:18 WIB

238 Personel Polda Metro Jaya Kawal Laga Uji Coba Timnas

Antara | Sepak Bola
238 Personel Polda Metro Jaya Kawal Laga Uji Coba Timnas

Dok. PSSI
Pelatih Timnas Shin Tae Young (Kanan) bersama dengan para pemain U-23

 

POLDA Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat menurunkan 238 personel polisi untuk mengamankan jalannya laga uji coba Timnas versus Tira Persikabo pada Jumat (5/3) dan Timnas melawan Bali United pada Minggu (7/3).

"Polres Metro Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya selama dua hari kita siapkan, setiap pertandingan ada sekitar 238 kekuatan personel yang kita  perbantuan untuk mengamankan jalannya pertandingan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat.

Yusri mengatakan laga Timnas kontra Tira Persikabo yang berlangsung Jumat ini pukul 19.00 WIB pada awalnya dijadwalkan pada Rabu lalu, namun batal digelar karena PSSI selaku penyelenggara pertandingan terlambat melayangkan surat izin keramaian untuk digelarnya pertandingan.

Meski demikian pihak Mabes Polri akhirnya menerbitkan izin keramaian yang diperlukan untuk terselenggaranya pertandingan tersebut.

"Uji Coba Timnas U-23 Sea Games kemarin sore yang sempat ditunda ini sudah dikeluarkan izin dari Mabes Polri," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Mabes Polri akhirnya mengizinkan bergulirnya kembali kompetisi sepak bola tanah air di tengah situasi pandemi COVID-19.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan keputusan ini diambil usai pihaknya melakukan kajian mendalam.

"Kami telah melaksanakan rapat koordinasi, kami mencoba untuk kemudian mempelajari bersama terkait dengan kondisi terkini yang ada. Bahwa olahraga, khususnya sepak bola tetap harus berjalan," kata Jenderal Sigit usai menerima kunjungan Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2).

Baca juga: Menpora Apresiasi Kesiapan Prokes Laga Uji Coba Timnas

Kendati demikian, Kapolri menekankan semua pihak harus mempedomani bahwa keselamatan rakyat tetap menjadi salah satu faktor yang utama.

Oleh karena itu, penyelenggara kompetisi sepak bola tetap harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

"Dalam rapat kami sepakat untuk kami berikan kesempatan. Tentunya dengan catatan bahwa penegakan prokes itu menjadi syarat utama. Dengan adanya kesepakatan tersebut kita harus sama-sama menjaga komitmen, baik klub bola, pemain, supporter. Di manapun nantinya apabila ini diselenggarakan, penegakan prokes itu jadi prioritas," kata Kapolri.

Untuk itu, Polri memberikan kesempatan bagi pihak-pihak penyelenggara untuk menyelenggarakan pra kompetisi. Hal ini untuk melihat komitmen dari panitia mengenai penegakan protokol kesehatan ketika nanti kompetisi benar-benar bergulir.

"Kalau syarat itu bisa dilaksanakan, kami evaluasi secara bertahap sehingga tentunya penyelenggara kegiatan bisa semakin baik. Tentunya dengan adanya kesepakatan tersebut, kita harus sama-sama menjaga komitmen," tutur Listyo Sigit. (OL-4)

Baca Juga

AFP/FRANCK FIFE

Sukses Kalahkan Bayern, Kimpembe Klaim PSG Makin Dewasa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 14 April 2021, 06:19 WIB
Walau kalah di laga leg kedua, Kimpembe menilai penampilan ia dan rekan-rekannya di Parc des Princes luar biasa serta meninggalkan beberapa...
AFP/CRISTINA QUICLER

Tuchel Akui Chelsea Kesulitan Hadapi Porto

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 14 April 2021, 05:50 WIB
Tuchel mengakui kesulitan menghadapi Porto di laga leg kedua ini dan menerima kekalahan...
AFP/FRANCK FIFE

Neuer Sebut Bayern Bayar Mahal Kekalahan di Leg Pertama

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 14 April 2021, 05:36 WIB
Bayern tampil dominan di kedua laga perempat final Liga Champions melawan PSG itu, terutama di leg pertama ketika mereka membuat 31...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya