Selasa 20 Oktober 2020, 21:03 WIB

Kementerian PUPR Renovasi 2 Stadion Untuk Piala Dunia U-20

Insi Nantika Jelita | Sepak Bola
Kementerian PUPR Renovasi 2 Stadion Untuk Piala Dunia U-20

Antara/Fikri Yusuf
Stadion Kapten I Wayan Dipta

 

DIREKTORAT jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan renovasi terhadap 2 venue utama Piala Dunia U-20 2021 serta sarana latihan di sejumlah venue.. Kedua Stadion itu ialah Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali dan Stadion Manahan di Jawa Tengah.

Renovasi itu dilakukan sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 8 Tahun 2020, Kementerian PUPR ditugaskan melaksanakan renovasi dua stadion utama dan 15 lapangan latihan dengan anggaran sebesar Rp314,82 miliar.

Sementara untuk 15 lapangan latihan dengan rincian tiga lapangan di Palembang, Sumatera Selatan yakni Lapangan Atletik, Baseball, dan Panahan. Lalu, tiga lapangan di Sumedang dan Bandung, Jawa Barat yakni Lapangan IPDN, UNPAD, Sidolig.

Lalu, empat lapangan di Solo, Jawa Tengah yakni Lapangan Sriwedari, Banyu Anyar, Sriwaru, Kota Barat. Kemudian satu lapangan di Madura, Jawa Timur yakni Lapangan Bangkalan, empat lapangan di Bali yakni Lapangan Ngurah Rai, Kompyang Sudjana, Kapten Japa, dan Gelora Samudra Kuta.

Presiden Joko Widodo saat memimpin Rapat Terbatas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20, Selasa (20/10), berpesan agar Indonesia dapat meyakinkan kepada dunia bahwa Indonesia aman dan siap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021.

Baca juga : Kompetisi jadi Tolak Ukur Kesiapan Piala Dunia U-20

"Ini yang paling penting, kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan U-20 Tahun 2021," kata Presiden melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor.

Anggaran renovasi oleh Kementerian PUPR sebesar Rp314,82 miliar berasal dari APBN melalui skema kontrak tahun jamak (MYC) TA 2020-2021.

Pelaksanaan pembangunannya dibagi menjadi 3 paket pekerjaan yakni Paket 1 untuk renovasi venue utama dan lapangan latihan di Bali; lalu Paket 2 untuk renovasi venue utama dan lapangan latihan di Jabar, Jatim dan Sumsel; serta Paket 3 untuk renovasi venue utama dan lapangan latihan di Kota Surakarta.

Seluruh pekerjaan fisik ketiga paket tersebut dilaksanakan mulai akhir Oktober 2020 hingga akhir April 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau persiapan renovasi Stadion I Wayan Dipta di Bali beberapa waktu lalu menyampaikan, renovasi yang akan dilakukan untuk Stadion I Wayan Dipta meliputi perbaikan mayor yang mencakup pekerjaan rehabilitasi struktur, perbaikan lapangan, perbaikan pencahayaan, perbaikan kursi dan papan skor (scooring board), serta penataan kawasan termasuk penataan parkir.

"Rumput akan kita ganti sama seperti di Stadion GBK, drainase di pinggir lapangan akan diperbaiki termasuk lintasan lari. Untuk pencahayaan juga masih kurang karena ada syarat minimum dari FIFA seperti di Stadion Manahan dan kursi penonton," kata Basuki.

"Kemudian yang di dalam untuk para pemain fasilitas pendukungnya seperti ruang ganti, toilet, semua juga harus ada standarnya seperti di GBK,"pungkas Menteri PUPR. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Raisan Al Farisi

Pembenahan Stadion Dukung Kemajuan Sepak Bola Nasional

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 29 November 2020, 14:25 WIB
Pernyataan itu ditekankan Menpora Zainuddin Amali saat meninjau Stadion Si Jalak Harupat di Jawa Barat. Sejumlah stadion di Tanah Air...
 MIGUEL MEDINA / AFP

Zidane Mulai Khawatir Dengan Performa Timnya di La Liga

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 29 November 2020, 12:15 WIB
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menyebutkan, dirinya prihatin dengan performa timnya di La Liga dalam beberapa pertandingan...
PAUL FAITH / AFP

Sir Alex Ikuti Jejak Rashford Perangi Kemiskinan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 06:16 WIB
Mantan manajer Manchester United Alex Ferguson menggandeng striker Setan Merah Marcus Rashford dalam memerangi kemiskinan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya