Minggu 24 April 2022, 22:40 WIB

Gelar Buka Puasa Bersama Anak-anak di TBM Bukit Duri Bercerita

mediaindonesia.com | Ramadan
Gelar Buka Puasa Bersama Anak-anak di TBM Bukit Duri Bercerita

Ist
Kegembiraan terpancar di wajah 60 anak yang mengikuti acara buka puasa bersama di TBM Bukit Duri Bercerita, Tebet. Jakarta Selatan.

 

BULAN Ramadan membawa berkah bagi banyak kalangan, baik pegiat komunitas maupun mereka yang kurang mampu.

Donasi yang dkumpulkan para pegiat komunitas disalurkan kepada yang berhak, terutama mereka yang tidak mampu, anak yatim, penyandang disabilitas, dan sebagainya.

Sebuah komunitas bernama Koin Langit yang didirikan oleh Novarina Ayu dan Praditya Andriyani, bersama alumni SMAN 8 Jakarta Angkatan 1998, dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita menggelar buka puasa bersama dengan anak-anak yang biasa belajar dan bermain di TBM Bukit Duri Bercerita di kawasan Bukit Duri Tanjakan, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (23/4).

Kegembiraan terpancar di wajah 60 anak berusia 4 hingga 15 tahun yang hadir dan dihibur oleh permainan sulap oleh Ning Nong, dongeng oleh Kak Mumun, dan juga hadrah yang dibawakan anak-anak TBM Bukit Duri Bercerita.

Sebelum pulang, anak-anak mendapat beragam bingkisan, mulai dari snack, konsumsi, goody bag berisi beragam makanan, dan juga alat tulis. Luapasan kesenangan terlihat saat mereka mambawa bingkisan .”Terima kasih kakak-kakak,” ucap anak-anak.

Baca juga: Bazar Ramadan Odeon Kampoeng Naga Siapkan 7.450 Kg Migor Curah

Pendiri Yayasan Koin Langit, Novarina mengatakan, komunitasnya memiliki perhatian utama yaitu pendidikan Anak.

Saat Koin Langit  mempunyai 107 anak asuh dengan usia sekolah TK hingga SMA yang ada di Malang, Tegal, Jakarta, dan Banjarnegara yang dibantu biaya penunjang pendidikannya. 

“Tidak hanya uang sekolah, tapi kami juga membelikan kebutuhan sekolah yang lebih layak. Anak-anak asuh kami adalah anak-anak yang tinggal di pedesaan dan dari keluarga miskin," papar Novarina. 

"Di usia mereka sudah harus membantu ortu nya mencari nafkah dengan menjadi buruh angkut batu bata, penganyam keset, penjual es keliling, penganyam kandang burung, pengupas bawang, pembantu rumah tangga dan pekerjaan kasar lainnya,” ujar Novarina. 

Selain itu, Praditya Andriyani  menambahkan, anak-anak asuh Koin Langit ada yang tidak bersepatu, bahkan pingsan di sekolah karena kelaparan, seragam yang sudah tambalan, tas yang robek dan sebagainya. 

Kini mereka sudah  bisa bersekolah dengan perlengkapan yang lebih layak. 

“Selain program anak asuh, kami ju amemiliki program Dare to Share dengan melakukan Charity Event ke berbagai yayasan/ panti sosial yang rutin kami lakukan setiap tahunnya,” kata Praditya.

Sementara Asti yang mewakili rekannya dari Angkatan 1998 SMAN 8 Jakarta, mengatakan, rekan-rekan seangkatannya sejak lama mengumpulkan donasi untuk kepentingan membantu mereka yang membutuhkan.

“Mula-mula beberapa orang, tapi kini sudah banyak yang bergabung untuk memberkan donasi,” katanya.
Bukit Duri Bercerita

Tuan rumah acara bukber kolaborasi ini, Safrudiningsih yang akrab disapa Kak Ning Nong mengatakan, TBM Bukit Duri Bercerita terbuka dengan berbagai kalangan untuk berkolaborasi memajukan anak-anak dan remaja dengan membiasakan membaca, menulis, dan bermain yang positif.

Selama ini TBM Bukit Duri Bercerita lanjut Kak Ning Nong, juga menjadi tempat bagi praktik atau latihan, seperti mahasiswa Universitas Yarsi Jakarta dan juga Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Dari UNJ memberikan pelatihandasar bahasa Inggris dan juga bahasa Prancis bagi anak-anak,” katanya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 21 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN