Selasa 05 April 2022, 04:00 WIB

Raih Empat Utama dari Bulan Istimewa

Ferdian Ananda Majni | Ramadan
Raih Empat Utama dari Bulan Istimewa

Dok. Wikipedia
Ustaz Adi Hidayat

 

KEHADIRAN bulan suci Ramadan yang istimewa menjadi momentum yang paling dinanti dan dirindukan umat muslim di seluruh dunia.

Istimewanya bulan ini membuat umat muslim dapat merasakan nikmatnya menjalankan ibadah dan berbagai kebaikan yang dilipatgandakan pahalanya.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan bulan Ramadan ialah bulan untuk berlomba mengumpulkan amal baik. "Ketika Yahudi mengatakan puasa kami adalah puasa yang hebat, yang bagus dan diikuti umat Muhammad SAW. Maka, turun ayat, kata Nabi, puasa yang kita, puasa yang kita tunaikan spesial beda dengan yang lainnya," kata Ustaz Adi dilansir akun resmi Adi Hidayat Official, Minggu (2/4).

Dia menjelaskan terdapat empat keutamaan yang bisa didapatkan pada bulan Ramadan bagi yang menjalankan ibadah puasa dengan sempurna. Keutamaan yang pertama ialah mendapatkan perisai diri dari godaan setan. "Kata Nabi, kalau benar puasa Ramadan ini ditunaikan, akan melahirkan satu yang tidak ditemukan pada ibadah lain, yaitu junnah atau perisai yang bisa membentengi kita dari setan secara otomatis," sebutnya.

Dia memaparkan alasan pada ayat itu disebutkan la'alakum tattaqun sehingga perisai itu tidak tampak pada diri kita, tetapi bagi yang terbiasa menunaikan ibadah puasa. "Maka yang pertama sekali terjadi pada orang yang berpuasa benar, dia akan mendapatkan perlindungan berupa perisai dari Allah, hasil dari latihan puasa yang dapat membentenginya dari setan," tambahnya.

Keutamaan kedua bulan Ramadan, Allah akan memberikan secara langsung takaran pahala dari ibadah yang kita kerjakan dan dilipatgandakan.

"Ketika puasa Ramadan pahalanya dilipatgandakan tak terbatas, Allah langsung menilai keikhlasan pada hambanya," sambungnya.

Ramadan sebagai limpahan pahala, lanjutnya, siapa yang ingin memburu surga maka buru pada amalannya. Ustaz Adi mengatakan mungkin tidak semua bisa dikerjakan, tetapi ambil salah satu yang disukai dan konsisten mengerjakannya.

"Setiap orang punya kecenderungan untuk beramal, ada yang senang puasa, senang tahajud, senang sedekah maka fastabiqul khairat silakan berburu dan berlomba mengerjakan apa yang disenangi. Itulah pintu surga, nah semua pintu surga dibuka saat Ramadan," terangnya.

 

Mustajab

Keutamaan bulan Ramadan yang ketiga, Ustadz Adi Hidayat menyebut bulan yang pada waktu siang dan malam melahirkan ampunan Allah.

"Kita kalau mau nyari ampunan, itu bisa kapan pun minta ampun, tapi ada waktu-waktu yang sangat strategis dan tempat-tempat yang paling cepat mengabulkan doa. Contoh, waktu sepertiga malam itu cepat terkabul doa hadisnya qudsi," tuturnya.

Keutamaan Ramadan terakhir, pada setiap waktu dan tempat di bulan Ramadan maka setiap doa akan lebih cepat terkabulkan. Jika di bulan-bulan biasa ada waktu dan tempat yang mustajab untuk berdoa, pada bulan Ramadan kapan pun dan di mana pun doa akan selalu mustajab. Ustaz Adi tak memungkiri bahwa untuk mendapatkan empat keutamaan di bulan Ramadan harus dibarengi dengan menjalankan ibadah puasa dengan sempurna.

"Ramadan itu satu paket ibadahnya, siangnya siyam malamnya qiyam. Jadi, kalau ada orang yang tidak mengerjakan qiyam-nya, tapi hanya siyam-nya, sah puasanya, tapi tidak sempurna keutamaan Ramadannya," pungkasnya.

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Senin, 23 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN