Senin 04 April 2022, 07:05 WIB

Kemeriahan Ramadan di Masjid Istiqlal Jakarta

Dinda Shabrina | Ramadan
Kemeriahan Ramadan di Masjid Istiqlal Jakarta

MI/Adam Dwi
Shalat tarawih hari pertama Ramadan 1443 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (2/4).

 

IMAM  Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar mengajak masyarakat Jakarta memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan menarik selama bulan suci Ramadan 1443 Hijriah ini.

Nasaruddin membeberkan, selain acara buka puasa dan salat tarawih, akan ada kajian dan ceramah seusai salat wajib 5 waktu dari para penceramah pilihan.

“Kita sudah persiapkan acara menarik untuk nanti dikunjungi para jamaah. Antara lain kegiatan malam seperti berbuka puasa bersama, ada kajian dan akan diisi oleh penceramah pilihan dan yang terbaik untuk menyampaikan pengetahuan kepada para jamaah,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, dalam kanal Youtube Masjid Istiqlal TV, Minggu (3/4).

Di samping itu Nasaruddin juga mengatakan Masjid Istiqlal telah menyiapkan fasilitas dan sistem keamanan yang prima. Setidaknya ada 140 CCTV yang telah terpasang di berbagai sudut untuk mengontrol keamanan di sekitar masjid.

“Kita berikan fasilitas untuk bisa melakukan ibadah amaliyah Ramadan di malam hari dengan sistem keamanan yang prima. Sudah ada 140 CCTV yang bisa mengontrol tangan-tangan jahil. Jadi yang mungkin sering kehilangan barang, dengan sistem keamanan kita yang sangat rapi ini, seluruh pergerakan jamaah akan diawasi CCTV,” tuturnya.

Selain itu, Masjid Istiqlal juga membuka bagi siapapun yang ingin belajar bahasa Arab dan mengikuti kegiatan tahsinul quran. Pada malam hari setelah tarawih, juga ada kegiatan tadarus bersama.

Tak kalah menarik, Imam besar Masjid Istiqlal juga menyebut ada banyak event atau acara yang dilakukan Istiqlal Global Fund (IGF) yang akan menawarkan berbagai produk. Di sana juga akan ada semacam hiburan, pameran yang akan memberikan wawasan tambahan para jamaah.

Terakhir, Nasaruddin mengatakan lahan parkir di Masjid Istiqlal telah mampu menampung 800 mobil. Sehingga jamaah tidak perlu lagi memarkir kendaraan mereka di luar lingkungan masjid Istiqlal.

“Sekarang kita sudah punya lahan parkir yang besar. Sudah punya dua lantai basement di lingkungan pekarangan masjid Istiqlal. Sehingga tidak ada kesulitan lagi yang mau parkir. Insyaallah tidak perlu parkir di luar, di lapangan, di Monas dan sebagainya. 800 mobil bisa diparkir di ruang parkir kita,” pungkasnya. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Selasa, 17 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN