Minggu 03 April 2022, 09:25 WIB

Warga Tangerang Lakukan Tradisi Keramas Bareng di Sungai Cisadane

Sumantri | Ramadan
Warga Tangerang Lakukan Tradisi Keramas Bareng di Sungai Cisadane

Antara
Ilustrasi

 

SETELAH absen selama dua tahun karena pandemi covid-19, tradisi mandi atau keramas bareng menjelang bulan Ramadan dilaksanakan kembali oleh warga di sekitar bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten.

Berdasarkan pantauan di lokasi, tepatnya di bantaran Sungai Cisadane, kampung Babakan, kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, warga tampak antusias melaksanakan kegiatan tersebut.

Pasalnya, selain tradisi itu sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi Covid-19, juga diyakini dapat mensucikan diri dan mempererat silaturahmi menjelang puasa.

Para orang tua maupun anak-anak tampak gembira melaksanakan keramas bareng. " Alhamdulillah kami bisa melaksanakan kembali kegiatan ini, setelah pemerintah menentukan pandemi Covid-19 di Kota Tangerang mulai melandai," kata Jaya warga di bantaran Sungai Cisadane, Babakan, Kota Tangerang.

Senada pula dengan Ahmad, Ketua RW 02 Kelurahan Babakan, Kota Tangerang. Ia mengatakan kegiatan keramas bareng ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh warga Bantara Sungai Cisadane sejak ratusan tahun yang lalu di setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Dan kegiatan tersebut, lanjutnya juga sudah dikenal oleh masyarakat luas, baik dalam maupun luar Kota Tangerang, sehingga menarik perhatian mereka untuk datang ke Kota Tangerang, khususnya kampung Babakan yang saat ini dikenal sebagai kampung berkelir.

Kegiatan tersebut juga dikawal oleh petugas kepolisian dari Polsek Tangerang, Koramil dan BPBD kota Tangerang..

Kapolsek Tangerang Kompol Suroto mengatakan, pihaknya bersama Koramil 01 TNG dan Relawan Tagana serta BPBD Kota Tangerang turun ke lokasi untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu tambahnya, kehadiran petugas juga untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi. karena kegiatan itu mendapat perhatian dari para pengguna jalan yang kemudian mengurangi laju kendaraannya. ' kami turun ke lokasi juga untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas," kata dia. (H-2)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

E-commerce yang paling Dicari Konsumen selama Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:00 WIB
Posisi itu diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen ialah Bukalapak, Blibli, dan...
Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Rabu, 29 Jun 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN