Selasa 07 Februari 2023, 21:34 WIB

Isu Utang Pilkada 2017, Sandiaga Disebut sudah Ikhlas

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Isu Utang Pilkada 2017, Sandiaga Disebut sudah Ikhlas

Antara/Aprillio Akbar.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kiri) pada November 2017.

 

ANGGOTA Tim Juru Bicara Anies Baswedan, Surya Tjandra, menyatakan polemik isu perjanjian utang antara Anies Baswedan dengan Sandiaga Uno saat Pilkada DKI 2017, sudah selesai. Menurut mantan Wakil Menteri ATR/ BPN itu, Sandiaga Uno sudah menyatakan ikhlas dan tidak mau memperpanjang persoalan itu.

"Saya pikir ketika Pak Sandi sudah menyatakan di media tidak mau mempermasalahkan lagi soal isu itu, ya sudah berarti tidak ada yang perlu diperpanjang lagi polemiknya," kata Surya Tjandra kepada wartawan, Selasa, 7 Februari 2023. Surya menyampaikan apresiasinya kepada Sandiaga yang sudah legawa dan tidak mengulik-ulik lagi isu tersebut. 

Menurut dia, hal itu menunjukkan sikap negarawan yang tidak mau memperkeruh suasana menjelang tahun panas politik saat ini. "Pak Sandi sendiri mengatakan ingin fokus dan menyambut tahun politik 2024 dengan suka cita demi persatuan dan kesatuan bangsa. Itu artinya beliau seorang negarawan yang memilih tidak ingin menambah panas suasana jelang kompetisi politik 2024 ke depan," tutur Surya.

Selain mengapresiasi sikap Sandiaga, Surya juga menyatakan salut kepada personal Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu atas kinerjanya. Ia mengenal sekali kerja keras seorang Sandiaga Uno sebagai seorang menteri.

Menurut dia, Sandiaga mau bekerja keras dan kerap turun langsung ke lapangan mengawasi langsung program-program kementeriannya. Ia menyebutkan ada semacam kolaborasi antara dua kementerian yang berjalan bagus. "Misalnya saja, ada sejumlah wilayah yang termasuk program Kementerian ATR/BPN ternyata mendapatkan penghargaan juga sebagai Desa Wisata oleh Kemenparekraf," papar Surya.

Sejumlah pengalaman pribadi itu, bagi Surya, memunculkan gagasan tersendiri jika ditarik ke persoalan kontestasi Pilpres 2024. Dalam pandangannya, tidak ada salahnya melihat Sandiaga Uno sebagai salah satu kandidat cawapres Anies Baswedan. Karena menurutnya, sosok Sandiaga sangat populer di berbagai daerah.

Baca juga: Anies Baswedan Tegaskan Utang ke Sandiaga Uno sudah Selesai

"Saya pribadi justru melihat, sosok Pak Sandi ini bisa menjadi salah satu kandidat cawapres bagi Pak Anies di Pilpres 2024. Jadi mengulang kembali konstelasi seperti saat Pilkada DKI 2017. Tentunya dengan berbagai pertimbangan, misalnya soal bagaimana harus mempertimbangkan partai politik Pak Sandi dan aspek-aspek politik lain terkait dengan koalisi parpol yang mengusung Pak Anies," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Medcom

Konstelasi Pilpres 2024 Sudah Terbayang tapi belum Pasti 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 Maret 2023, 04:00 WIB
“Kepastian baru didapat pada 19 Oktober 2023 saat pendaftaran capres dibuka. Artinya kurang lebih 6 bulanlah dari sekarang baru kita...
ANTARA/WAHYU PUTRO A

Peneliti BRIN: Politik Pencitraan Harus Ditinggalkan

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 21 Maret 2023, 23:22 WIB
"Mereka tampaknya menginginkan bahwa pemimpin ke depan punya concern terhadap pemberantasan...
MI/Mohammad Ghazi.

Willy Aditya: Koalisi Perubahan sudah Akad Nikah tinggal Resepsinya

👤Marselina Tabita Tumundo 🕔Selasa 21 Maret 2023, 22:43 WIB
Koalisi Perubahan saat ini terus mematangkan rencana untuk mendeklarasikan koalisi dan dukungan calon presiden secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya