Kamis 19 Januari 2023, 16:35 WIB

Rektor Universitas Mulawarman Pastikan Kampus Berperan Aktif dalam Pembangunan IKN

Media Indonesia | Politik dan Hukum
Rektor Universitas Mulawarman Pastikan Kampus Berperan Aktif dalam Pembangunan IKN

DOK/HUMAS UNIVERSITAS MULAWARMAN
Rektor Universitas Mulawarman Dr H Abdunnur memastikan peran aktif kampusnya dalam pembangunan IKN Nusantara

 

PERAN apa yang bisa dilakukan perguruan tinggi untuk pembangunan sebuah kawasan baru, seperti Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tantangan itulah yang dijawab Rektor Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Dr H Abdunnur.

Ditemui di ruangannya, Kamis (19/1), pakar perikanan dan kelautan, itu, menegaskan bahwa pembangunan IKN Nusantara harus dilihat sebagai sebuah peluang. Tidak hanya oleh masyarakat dan pengusaha lokal, tapi juga para akademisi perguruan tinggi di sekitar Kalimantan Timur.

"Universitas Mulawarman sudah memiliki tekad untuk mengisi peluang itu. Kami, sivitas akademika, akan berkontribusi dalam pembangunan IKN Nusantara," ungkapnya.

Doktor lulusan Nihon University, Jepang, itu, menambahkan Universitas Mulawarman sudah menyepakati kerja sama dengan Otorita IKN. Desember 2022 lalu. Pihaknya sudah bertemu dan membahas kerja sama dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Universitas Mulawarman, lanjutnya, diminta melakukan kajian secara sosiologi dan psikologi. Kontribusi yang akan diberikan Universitas Mulawarman dalam pembangunan IKN Nusantara fokus pada upaya mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya masyarakat di kawasan IKN dan penyangga IKN.

"Yang pertama, tentu saja, kami menyiapkan SDM dari Universitas Mulawarman sendiri. Kami harus meningkatkan kualitas SDM, dengan menghasilkan lulusan yang siap pakai," papar Dewan Pembina Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU), Kota Samarinda, itu.

Lulusan Universitas Mulawarman, lanjutnya, harus handal dan bisa bekerja di IKN di semua sektor. "Baik secara formal maupun informal."

Abdunnur menambahkan universitas yang dipimpinnya juga akan memberikan kontribusi pemikiran baik, terkait pemberdayaan masyarakat dalam  berbagai aspek. "Kami akan berusaha keras menyiapkan masyarakat yang mampu beradaptasi dalam rangka mendukung pembangunan IKN Nusantara."

"Prioritas Universitas Mulawarman bersama-sama dengan jajaran Otorita IKN ialah membangun ekonomi kerakyatan di sekitar IKN. Masyarakat lokal akan diberikan peran yang positif. Ini perlu dikomunikasikan secara baik dan tepat agar mereka bisa menjadi penghubung atau pelaksana dalam melakukan percepatan pembangunan IKN Nusantara," tandas akademisi yang menguasai dua bahasa asing itu. (N-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Panglima Yudo: TNI-Polri Harus Berantas Praktik Ekspor dan Tambang Ilegal

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:24 WIB
PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan TNI-Polri harus bersinergi memberantas praktik ekspor dan tambang...
ANTARA

MK Belum Bisa Pastikan Kapan Gugatan soal Sistem Pemilu Diputus

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:54 WIB
Pihak MK belum dapat memastikan ada atau tidaknya sidang lanjutan. Pasalnya hal itu akan diputuskan oleh Mahkamah dalam sidang...
DOK pribadi.

Tahun Politik, Sejumlah Anggota DPR dan DPD Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:35 WIB
Calon legislator atau senator harus dapat menjalankan personal branding untuk menunjukkan kepada konstituennya tentang karakter dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya