Sabtu 14 Januari 2023, 22:25 WIB

Pengamat: Dukungan Kiai Kepada Cak Imin Perlu Diuji

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Pengamat: Dukungan Kiai Kepada Cak Imin Perlu Diuji

DOK MI
Ilustrasi

 

DUKUNGAN para kiai dan ulama yang diberikan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, untuk maju dalam pilpres 2024, melalui Itjima Ulama Nusantara perlu diuji secara statistik.

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menjelakan dukungan dan deklarasi para kiai dan ulama selama ini hanya cenderung terlihat masif di permukaan. "Perlu diuji dengan angka-angka statisitik apakah dukungan kiai bahkan endorsment Ma'ruf Amin ke Cak Imin itu berdampak secara signifikan terhadap elektabilitasnya," ujar Adi saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (14/1).

Adi menuturkan, elektabilitas Cak Imin berdasarkan hasil survei masih jauh dari kata memuaskan. Elektabilitas Cak Imin belum sempat menyentuh angka 1 persen. Hal tersebut berbanding terbalik dengan elektabilitas PKB pada pemilu 2019 yang mencapai 9,6 persen. "Cak Imin mewakili partainya, mendapat dukungan dari NU juga, tapi di survei tidak pernah signifikan," ujarnya.

Adi menuturkan, pemilih PKB memiliki jarak dengan Cak Imin bila dikaitkan dengan pilpres. Pemilih PKB belum memilih Cak Imin sebagai jagoannya dalam pilpres mendatang.

"Maka dalam rentan waktu 9 bulan ini teman-teman PKB itu memiliki pekerjaan untuk meningkatkan elektabilitas Cak Imin setara dengan partai 9,6%," ungkapnya. (OL-15)

Baca Juga

medcom.id/Fachri Audhia H

Kutip Pesan Eks Jaksa Agung, Bharada E Minta Hakim Tolak Replik JPU

👤Fachri Audhia H 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:50 WIB
Kubu Bharada E meminta majelis hakim untuk mengabulkan pleidoinya. Sebab, replik jaksa dinilai tak didukung argumentasi yuridis yang...
Dok.MI

Poros Koalisi Masih Bisa Berubah

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:50 WIB
Pertemuan Ketum Airlangga dan Ketum Surya Paloh, Dedi melihat dengan pertemuan kedua partai, membuka peluang untuk...
Antara/Asprilla Dwi Adha

Komnas HAM Diminta Lihat Langsung Kondisi Lukas di Tahanan

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:45 WIB
"Kami sangat kecewa karena Komnas HAM hanya selesai berkoordinasi dengan KPK tanpa melihat langsung kondisi Lukas di Rutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya